Home Berita 1.374 Bacaleg Didaftarkan Partai Politik Peserta Pemilu ke KPU Jawa Tengah

1.374 Bacaleg Didaftarkan Partai Politik Peserta Pemilu ke KPU Jawa Tengah

Comments Off on 1.374 Bacaleg Didaftarkan Partai Politik Peserta Pemilu ke KPU Jawa Tengah
0
342

Berdasarkan data rekapitulasi yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, terdapat 1.374 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Jawa Tengah. Dari total 13 daerah pemilihan (dapil), dapil Jawa Tengah 12 dengan 12 kursi yang tersedia, menjadi dapil dengan jumlah bacaleg terbanyak, yakni 133 orang. 1.374 bacaleg akan merebutkan 120 kursi.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat mengajukan bacaleg dengan jumlah penuh. Sementara tujuh partai lainnya tidak mengajukan dalam jumlah penuh.

Partai Keadilan Sosial (PKS) mengajukan 110 bacaleg. Partai Beringin Karya (Berkarya) 95 bacaleg. Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 67 bacaleg. Partai Bulan Bintang (PBB) 49 bacaleg. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 39 bacaleg. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 33 bacaleg. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) 19 bacaleg. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) 2 bacaleg.  Dua bacaleg PKPI ditempatkan di dapil Jawa Tengah 4 dan 5, dan merupakan perempuan.

Terkait keterwakilan perempuan 30 persen di daftar calon, seluruh partai politik memenuhi aturan tersebut. Di antara partai politik yang mengajukan bacaleg dengan jumlah penuh, PAN merupakan partai politik dengan tingkat keterwakilan perempuan tertinggi, yakni 44,2 persen. Terendah, PDIP dengan 34,2 persen.

Partai Garuda tak mengajukan daftar bacaleg di dapil Jawa Tengah 3, 11, dan 13. PSI tak mencalonkan bacaleg di dapil Jawa Tengah 4,8, dan 12. Tak ada bacaleg Hanura di dapil Jawa Tengah 7,8, dan 11.

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Mahasiswa? Yuk Ikut Lomba Esai Literasi Digital CfDS!

Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan lomba esai lite…