Home Berita 129 Bakal Calon dari Jalur Perseorangan di Pilkada 2018

129 Bakal Calon dari Jalur Perseorangan di Pilkada 2018

Comments Off on 129 Bakal Calon dari Jalur Perseorangan di Pilkada 2018
0
801

Merujuk pada data yang dimuat dalam infopemilu.kpu.go.id, terdapat 129 bakal calon (balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah dari jalur perseorangan. Status pendaftaran 129 balon diterima dan sedang dalam proses penelitian administrasi. Ada 2 pendaftar lain dari jalur perseorangan yang pendaftarannya ditolak, yakni Syamsuar Syam-Misliza di Pemilihan Wali Kota (Piwalkot) Padang, dan Chairil Syah-Mualimin di Piwalkot Palembang.

Jika membagi jumlah calon perseorangan berdasarkan jenis pemilu, akan ditemukan fakta sebagai berikut. Pada Pemilihan Gubernur (Pilgub), terdapat  4 bakal pasangan calon (bapaslon). Moch. Ali bin Dachlan-Tgh. Lalu Gede Muhamad Ali Wirasakti di Pilgub Nusa Tenggara Barat (NTB), Kartius-Pensong di Pilgub Kalimantan Barat, Ichsan Yasin Limpo-A. Musakkar di Pilgub Sulawesi Selatan, dan Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath di Pilgub Maluku.

Selanjutnya, pada Piwalkot, ada 35 bapaslon. Pemilihan Bupati (Pilbup), 90 bapaslon. 7 perempuan balon kepala daerah dan 7 perempuan balon wakil kepala daerah.

Dari daerah-daerah yang berpilkada, ada 11 daerah yang ramai bapaslon perseorangan. Pilbup Aceh Selatan 4 bapaslon. Pilbup Langkat 6 bapaslon. Pilbup Lahat 3 bapaslon. Piwalkot Pagar Alam 3 bapaslon. Pilbup Sumedang 3 bapaslon. Piwalkot Bima 3 bapaslon. Pilbup Kubu Raya 3 bapaslon. Piwalkot Palangkaraya 5 bapaslon. Pilbup Donggala 4 bapaslon. Pilbup Paniai 3 bapaslon. Pilbup Mimika 6 bapaslon.

Jalur perseorangan ditempuh oleh dua kepala daerah dan dua wakil kepala daerah yang sedang menjabat. Bupati Lombok Timur, Moch. Ali bin Dachlan, mencalonkan diri sebagai gubernur NTB. Bupati Kepulauan Talaud, Sri Wahyumi Maria Manalip, petahana di Pilbup Kepulauan Talaud. Wakil Bupati Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), R, Siska Salindeho, mencalonkan diri sebagai bupati Sitaro. Wakil Bupati Langkat, Sulistiyanto, mencalonkan diri sebagai bupati Langkat.

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Polres Metro Jakut Tetapkan Caleg Perindo Tersangka Kasus Tindak Pidana Politik Uang

Penyidik Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota J…