Home Berita 13.00 adalah Jam Penutupan Antrean Memilih, Bukan Pencoblosan di TPS

13.00 adalah Jam Penutupan Antrean Memilih, Bukan Pencoblosan di TPS

0
0
304

Pengertian waktu buka tempat pemungutan suara (TPS) pada jam 07.00 sampai 13.00 adalah waktu pendaftaran pemilih. Jadi, jam 13.00 merupakan waktu ditutupnya pendaftaran pemilih di TPS, bukan waktu penutupan pencoblosan.

“Jadi, jika pemilih sudah datang ke TPS lalu mengantre mendaftar, meskipun belum dicatat oleh Petugas TPS, lalu waktu sudah jam 13.00, Petugas harus tetap mencatat pemilih yang mengantre untuk melanjutkan proses pemilihan,” jelas Deputi Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Khoirunnisa Nur Agustyati di Jakarta (16/4).

Ninis menekankan, jangan sampai Petugas TPS memaknai jam 13.00 sebagai waktu penutupan pencoblosan. Pemilih yang mengantre atau pemilih yang sudah didata mendaftar, berhak melanjutkan proses pemilihan, menerima surat-suara, mencoblos di bilik suara, memasukan surat suara ke kotak suara, dan mencelupkan jari ke dalam tinta.

Penjelasan Ninis merujuk pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum No.3/2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara. PKPU ini tak mengalami perubahan melalui PKPU No.9/2019 tentang Perubahan PKPU No.3/2019.

PKPU No.3/2019 Pasal 46 Ayat (1) bertuliskan:

Pada pukul 13.00 waktu setempat, ketua KPPS mengumumkan yang diperbolehkan memberikan suara hanya Pemilih yang:

a. sedang menunggu gilirannya untuk memberikan suara dan telah dicatat kehadirannya dalam formulir Model C7.DPTKPU, Model C7.DPTb-KPU dan Model C7.DPKKPU; atau

b. telah hadir dan sedang dalam antrean untuk mencatatkan kehadirannya dalam formulir Model C7.DPT-KPU, Model C7.DPTb-KPU dan Model C7.DPK-KPU.

Lalu Pasal 46 Ayat (2) bertuliskan:

Setelah seluruh Pemilih selesai memberikan suara sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ketua KPPS mengumumkan kepada yang hadir di TPS bahwa Pemungutan Suara telah selesai dan akan segera dilanjutkan rapat Penghitungan Suara di TPS. []

Load More Related Articles
Load More By USEP HASAN SADIKIN
Load More In Berita

Check Also

Tantangan Presidensial Hasil Pemilu Serentak: Koalisi Mayoritas Tinggi Fragmentasi

Indonesia sudah melakukan pemungutan suara Pemilu 2019. Pemilu serentak pertama negara dem…