Home Berita 14 Calon Anggota KPU Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan di DPR

14 Calon Anggota KPU Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan di DPR

Comments Off on 14 Calon Anggota KPU Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan di DPR
0
1,277

Empat belas orang calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2017-2022 dijadwalkan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hari Senin (3/4). Uji kelayakan dan kepatutan ini menjawab polemik atas niat DPR menolak empat belas nama calon hasil seleksi oleh tim yang dibentuk presiden.

DPR membagi jadwal uji kelayakan dan kepatutan dalam tiga sesi. Sesi pertama berjalan dari pukul 10.00 hingga pukul 13.00. Dalam sesi pertama ini, DPR akan menguji lima orang yaitu Amus Atkana, Arief Budiman, Evi Novida Ginting Manik, dan Ferry Kurnia Rizkiyansyah

Sesi kedua berjalan pukul 14.00 hingga pukul 17.00. Hasyim Asy’ari, Ida Budhiati, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Ilham Saputra, serta Pramono Ubaid Tanthowi akan diuji pada sesi kedua ini. Sementara  sesi ketiga, pukul 19.00 hingga pukul 22.00, DPR akan menguji Sigit Pamungkas, Sri Budi Eko Wardani, Viryan, Wahyu Setiawan, serta Yessy Momongan.

Titi Anggraini, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), mengimbau DPR untuk tidak meloloskan calon-calon yang gencar melakukan lobi-lobi politik. Sebab, perilaku itu lebih cocok dimainkan politisi peserta pemilu ketimbang calon penyelenggara.

“Kalau DPR sampai memilih para lobbyst (pelobi) maka saat yang sama kita bersiap mempertaruhkan penyelenggaraan pemilu pada para penyelenggara bermental petualang politik,” tegas Titi. []

Load More Related Articles
Load More By Maharddhika
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Inovasi dan Teknologi untuk Partisipasi Warga yang Melampaui Masa Pemilu

Berapa kamu mau dibayar untuk menghapus semua akun sosial mediamu? Liz Plank, seorang prod…