Home Berita 29 Persen Perempuan Pendaftar Calon Anggota KPU

29 Persen Perempuan Pendaftar Calon Anggota KPU

Comments Off on 29 Persen Perempuan Pendaftar Calon Anggota KPU
0
537

Pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI 2017-2022 ditutup sesuai jadwal pada tanggal 3 November 2016 pada jam 16:00. Dari 325 pendaftar, terdapat 29 persen perempuan yang mendaftarkan diri sebagai calon anggota KPU.

“Sebaran 325 pendaftar calon anggota KPU adalah 71 persen laki-laki dan 29 persen perempuan,” kata Betti Alisjahbana, anggota Tim Seleksi KPU-Bawaslu, sebagaimana dikutip dari pernyataan yang diterima Rumah Pemilu (9/11).

Menanggapi hal tersebut, Julia Ikasarana, peneliti pada Pusat Kajian Politik FISIP UI, mendesak timsel untuk memastikan tahapan seleksi berlangsung inklusif dan tak mendiskriminasi perempuan. Sebagai contoh, tahap tes tertulis sebaiknya tak dilaksanakan terpusat di Jakarta.

“Timsel mesti memfasilitasi perempuan yang sedang dalam masa kandungan atau baru melahirkan dan berhalangan untuk bepergian jauh,” kata Julia.

Pendaftar calon anggota KPU tersebar di berbagai daerah. Proposi daerah asal pendaftar di antaranya 46 persen pendaftar dari pulau Jawa, 26 persen dari Sumatera, 13 persen dari Sulawesi, 6 persen dari Kalimantan, 3 persen dari Papua dan masing-masing 3 persen dari NTT dan Kepulauan Maluku.

 

Load More Related Articles
Load More By Maharddhika
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Menjadi Relawan di Hari Pendaftaran Pemilih Nasional

Di bawah lengkung gapura Washington Square Park di kota New York, saya bertemu Jackie Lope…