Home Berita Pilkada Banten Apps Challenge untuk Lawan Tren Menurun Pemilih

Pilkada Banten Apps Challenge untuk Lawan Tren Menurun Pemilih

Comments Off on Pilkada Banten Apps Challenge untuk Lawan Tren Menurun Pemilih
0
795

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Banten, Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), serta Universitas Multimedia Nusantara bekerjasama menyelenggarakan Pilkada Banten Apps Challenge 2016. Diselenggarakan pada 17 Desember 2016, lomba aplikasi digital berhadiah total 32 juta rupiah ini bertujuan untuk melawan tren menurun pemilih di pilkada.

“Generasi saat ini adalah generasi yang kebutuhan teknologinya sangat besar. Jadi apps challenge ini adalah perlombaan yang akan menjadi kebutuhan relevan voters,” kata Komisioner KPU RI, Sigit Pamungkas pada pembukaan Pilkada Banten Apps Challenge 2016 di Kantor KPU Banten, Serang (11/11).

Berdasarkan pengalaman KPU dan Perludem, kerjasama penyelenggaraan lomba aplikasi pemilu digital mampu mendorong partisipasi pemilu sebelum dan saat pemungutan suara. Hadiah puluhan juta dan gawai mampu menarik partisipasi generasi digital.

“Kami ingin suasana Pilkada Banten yang fun dan mendidik,” kata Ketua KPU Banten, Agus Supriyatna.

Menurut Agus, Pilkada Serentak 2015 di beberapa kabupaten di Banten partisipasi pemilihnya cukup rendah. Rata-rata pemilihnya 56â„…. Diduga pemilih muda jadi salah satu segmen pemilih yang rendah berpartisipasi karena belum mendapatkan layanan informasi pemilu yang sesuai.

“Kabupaten Serang, menjadi daerah terendah dengan 50,37% pemilih,” tambah Agus.

Angka partisipasi pemilih itu menurun jauh dibanding Pemilu 2014. Di Pemilu Presiden 2014, pemilih di Banten ada 70%. Di Pemilu Legislatif 2014, ada 72%.

Pilkada Banten Apps Challenge 2016 merupakan lomba aplikasi pemilu kelima di Indonesia. KPU sebelumnya mengadakan lomba serupa di Pileg 2014, Pilpres 2014, Pilkada 2015 oleh KPU, dan Pilkada Kota Surabaya 2015 oleh KPU Kota Surabaya. []

whatsapp-image-2016-11-10-at-9-11-47-am

Load More Related Articles
Load More By USEP HASAN SADIKIN
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

2019 Indonesian Election: Important Experience for Southeast Asian Regional Studies

Institute of South East Asia Studies (ISEAS) – Yusof Ishak Institute held a symposiu…