Home Berita Anak Muda Tak Tertarik Politik Karena Tak Percaya Partai dan DPR

Anak Muda Tak Tertarik Politik Karena Tak Percaya Partai dan DPR

Comments Off on Anak Muda Tak Tertarik Politik Karena Tak Percaya Partai dan DPR
0
2,926

Citra buruk partai dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dinilai memengaruhi ketertarikan anak muda terhadap politik. Tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik paling rendah jika dibanding dengan tingkat kepercayaan pada lembaga lain.

“Tingkat ketertarikan anak muda terhadap partai politik cukup rendah, karena persepsi negative publik terhadap partai dan DPR,” kata Arya Fernandes, peneliti pada Departemen Politik dan Hubungan Internasional Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada acara “Youth Conference on Anti-Corruption” (28/11).

Ia mengurai, dalam survei nasional yang dilakukan di 34 provinsi pada periode 8—15 Agustus 2016 lalu, hanya 22.6 persen responden yang percaya pada partai. Sementara DPR hanya meraih kepercayaan 34.5 persen. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jadai lembaga yang paling dipercaya publik dengan angka 86.2.

“KPK dipandang paling efektid dalam memberantas korupsi yang saat ini menjadi musuh bersama,” tegas Arya.

Dalam daftar efektivitas pemberantasan korupsi di lembaga-lembaga, KPK dipandang 73.6 persen efektif memberantas korupsi, 26.4 persen responden lainnya memandang pemberantasan korupsi oleh KPK tak efektif.. Sementara partai dinilai tak efektif memberantas korupsi. 80.4 persen responden memandang partai tak efektif dan 19.6 persen efektif memberantas korupsi.

Load More Related Articles
Load More By Maharddhika
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Kaum Muda, Setelah Pemilu Berlalu

Diagungkan saat pemilu, (semoga tidak) dilupakan setelahnya. Milenial yang menjadi istilah…