Kamis (7/1), Para Syndicate secara resmi meluncurkan aplikasi mobile calegpedia.id. Aplikasi ini berisi data caleg Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, DPRD Daerah (DPRD) provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari seluruh daerah pemilihan (dapil) di seluruh Indonesia.

“Dua bulan lalu, kami punya ide untuk bikin aplikasi. Sekarang sudah real, bisa di-download melalui Play Store. Aplikasi ini kami buat karena isu di media didominasi oleh Pilpres (Pemilihan Presiden). Jadi, membantu pemilih,” kata Direktur Eksekutif Para Syndicate, Ari Nurcahyo di kantor Para Syndicate, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (7/1).

Seluruh data yang tersedia dalam aplikasi merupakan data yang diambil dari website Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ari berterima kasih kepada KPU yang telah membuka data diri para calon anggota legislatif (caleg), meskipun banyak di antaranya yang tak bersedia mempublikasikan diri.

“Aplikasi ini bisa terjadi karena sistem IT (informasi dan teknologi) KPU bagus. Data itu kami sedot. Jadi, pemilih bisa aktifkan maps-nya, nanti aplikasi akan menunjukkan dimana dapil dia berikut nama-nama caleg dari tiap partai,” ujar Ari.

Rumahpemilu.org mengunduh aplikasi calegpedia.id melalui Play Store. Berikut halaman depan aplikasi.

Jika mengklik kotak bertulis “Lihat surat suara”, maka aplikasi akan menunjukkan lima surat suara sesuai dengan warna surat suara yang akan diterima pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hijau untuk DPRD kabupaten/kota, biru untuk DPRD provinsi, kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD RI, dan abu-abu untuk Pemilihan Presiden.

Coba pilih kotak “Simulasi surat suara Pemilu 2019 DPRD Kab Kota”. Maka keluar tampilan seperti ini.

Pemilih dapat menekan kotak “Lanjutkan” untuk melihat caleg dari masing-masing peserta pemilu. Aplikasi ini pun memberikan tanda merah bagi caleg mantan narapidana korupsi.

Melalui aplikasi calegpedia.id, pemilih tak perlu pusing melakukan googling wilayah dapilnya. Aplikasi dapat membaca lokasi pemilih atau pemilih memasukkan domisili tempat tinggal atau tempat ia akan memilih, dan aplikasi akan mencarikan caleg sesuai dengan dapil jenis pemilihan. Aplikasi bahkan berisi data diri caleg berikut dokumen pencalonan seperti Surat Pernyataan, Daftar Riwayat Hidup, dan Surat Keterangan Pengadilan Negeri dari wilayah hukum tempat tinggal calon.

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita

Check Also

Rapat Koordinasi, KPU Hanya Mampu Fasilitasi 3 Spot Iklan Kampanye

Kamis (14/2), Komisi Pemilhan Umum (KPU) RI mengadakan rapat koordinasi dengan peserta pem…