Home Publikasi Buku Pedoman Pengawasan Keuangan Politik

Buku Pedoman Pengawasan Keuangan Politik

Comments Off on Buku Pedoman Pengawasan Keuangan Politik
0
348

20160519_110556_WhatsApp-Image-20160518Buku panduan ini dibagi menjadi tiga bagian utama:

Bagian Satu berfokus pada konteks deteksi dan penegakan keuangan politik. Bagian ini memperkenalkan terminologi penegakan hukum keuangan politik dan lembaga-lembaga yang terlibat, termasuk interaksi antara lembaga-lembaga ini. Bab 1 menyajikan definisi, masalah, dan konteks keuangan politik. Bab 2 membahas regulasi uang dalam politik. Bab 3 membahas isuisu dasar yang berkaitan dengan penegakan hukum dan Bab 4 mengupas sebab-sebab gagalnya penegakan.

Bagian Kedua menggali aspek-aspek praktis deteksi dan penegakan serta setiap langkah dalam proses penegakan hukum. Bab 5 berfokus pada penguatan kemandirian lembaga dan organisasi keuangan politik dalam lembaga penegak unit untuk deteksi dan penegakan hukum. Bab 6 membahas berbagai prosedur penegakan, dengan penekanan pada pengungkapan, audit dan memelihara pengendalian internal. Bab 7 mencakup teknik investigasi, sementara Bab 8 membahas tuntutan dan sanksi, serta hubungan antara lembaga penegak dan pengadilan. Bab 9 membahas penggunaan basis data untuk meningkatkan efektivitas deteksi dan penegakan, sementara Bab 10 membahas peran organisasi masyarakat sipil, media dan akademisi dalam penegakan aturan.

Bagian Ketiga berfokus pada pemantauan dan pencegahan penyalahgunaan sumber daya negara dalam kampanye pemilu dan kegiatan partai politik. Masalah ini telah menjadi semakin penting di beberapa bagian dunia, dan seringkali sulit untuk ditangani oleh PFE. Pilihan yang berbeda dan pendekatan untuk regulator dibahas. Bab 11 membahas konsep yang berkaitan dengan penyalahgunaan sumber daya negara, dan mengadvokasikan untuk kebutuhan untuk melihat melampaui sumber daya keuangan saja. Bab 12 membahas cara mengatur masalah ini, sementara Bab 13 membahas sulitnya menegakkan aturan tersebut, mengidentifikasi tantangan dan solusi di bidang ini. Bab 14 menyajikan 100 cara penyalahgunaan sumber daya negara dapat untuk membantu penegak aturan untuk mengidentifikasi pelanggaran. Sebuah daftar istilah di akhir buku ini menjelaskan istilah-istilah kunci yang digunakan di seluruh teks.

Load More Related Articles
Load More By Mardiansyah
Load More In Publikasi
Comments are closed.

Check Also

Putusan Sengketa Pemilu Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) memenangkan gugatan hukum di Pengadilan Tat…