Home Berita Delapan Orang Calon Anggota Bawaslu Jalani Tes Wawancara Hari Pertama

Delapan Orang Calon Anggota Bawaslu Jalani Tes Wawancara Hari Pertama

Comments Off on Delapan Orang Calon Anggota Bawaslu Jalani Tes Wawancara Hari Pertama
0
1,673

Delapan orang calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menjalani tes wawancara sebagai tahapan akhir seleksi calon anggota Bawaslu 2017–2022. Delapan orang tersebut adalah Sapto Supono, Saiful, Yan Marli, Ratna Dewi P., Mohammad Najib, Sakka Pati, Bagus Sarwono, dan Abhan.

Tim seleksi bertanya pada masing-masing calon anggota Bawaslu dalam waktu satu jam. Timsel, dalam sesi yang terbuka untuk umum ini, juga memberi ruang pada publik untuk turut bertanya pada calon anggota Bawaslu.

Soal integritas, independensi, dan teknologi pemilu jadi sorotan Timsel. Timsel terus mencecar calon dengan pertanyaan yang mengonfirmasi dugaan-dugaan konflik kepentingan dengan partai, perusahaan, dan anggota keluarga. Timsel juga selalu menanyakan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara pada calon.

Pada sesi akhir wawancara ini, timsel juga menyodorkan surat pernyataan pada calon anggota Bawaslu untuk tidak melakukan penggalangan dukungan politik.

“Anda boleh tandatangan dan boleh tidak. Sebelum Anda tanda tangan nanti dibacakan terlebih dahulu supaya terang benderang,” kata Saldi Isra, ketua Timsel KPU dan Bawaslu 2017–2022.

 

 

Load More Related Articles
Load More By Maharddhika
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Persoalan Kaum Muda dalam Politik adalah Akses, Bukan Apatisme

Kaum muda kerap dinarasikan sebagai generasi yang tidak peduli pada politik. Hal ini menja…