Home Berita DPD Usul Jumlah Anggota DPD Ditambah

DPD Usul Jumlah Anggota DPD Ditambah

Comments Off on DPD Usul Jumlah Anggota DPD Ditambah
0
2,209

Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Akhmad Muqowam, mengusulkan kepada Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu untuk menambah jumlah anggota DPD tiap provinsi dari empat menjadi lima. Penambahan jumlah anggota dinilai Muqowam sebagai kebutuhan, sebab empat anggota tidak efektif dalam menangani luasnya persoalan daerah dan otonomi daerah.

“DPD mengusulkan penambahan anggota DPD dari empat menjadi lima. Itu belum lebih dari sepertiga,” tegas Muqowam, pada rapat internal pansus RUU Pemilu, di Senayan, Jakarta Selatan (30/11).

Peningkatan jumlah anggota DPD memiliki landasan historis. Pada 1999, dengan 26 provinsi, total jumlah utusan daerah adalah sebanyak 135 orang atau 5 orang per provinsi. Pengaturan ini terdapat di Undang-undang (UU) No. 4 Tahun 1999 tentang Susunan dan Kedudukan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan DPR Daerah (DPRD).

“Di dalam historia ketatanegaraan kita, fungsi daerah sudah pernah diakomodasi di dalam UU No.4 Tahun 1999. Inilah yang jadi landasan DPD untuk meminta tambahan anggota,” jelas Muqowam.

Dalam peraturan ketatanegaraan, jumlah anggota DPD maksimal adalah sepertiga dari jumlah anggota DPR, yakni 186 orang. Artinya, apabila anggota DPD per provinsi sebanyak 5 orang, maka total anggota DPD di 34 provinsi adalah 170.

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

34 Daerah Belum Tandatangani NPHD Pilkada 2020

Sebagaimana dilaporkan oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Pramono Ubaid, dari 27…