Home Berita Empat Pimpinan Pansus RUU Pemilu Ditentukan Malam Ini

Empat Pimpinan Pansus RUU Pemilu Ditentukan Malam Ini

Comments Off on Empat Pimpinan Pansus RUU Pemilu Ditentukan Malam Ini
0
624

Malam ini (21/11), empat pimpinan Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu akan ditentukan. Tujuh nama yang masuk ke dalam bursa pimpinan Pansus yakni, Trimedya Panjaitan dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rambe Kamarul  Zaman dari fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Ahmad Riza Patria dari fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Benny Kabur Harman dari fraksi Partai Demokrat, Yandri Susanto dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Muhammad Lukman Edi dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Rufinus Hotmaulana Hutauruk dari fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

“Kami mengusulkan Rambe Kamarul Zaman untuk menjadi pimpinan Pansus karena Pak Rambe terbukti sukses memimpin Komisi II. Pak Rambe juga sudah memiliki hubungan baik dengan mitra Komisi II  sehingga kami yakin proses pembahasan UU akan lebih lancar dan selesai tepat waktu,” kata anggota Pansus Fraksi Golkar, Hetifah Sjaifudian, pada Rapat Pemilihan dan Penetapan Pimpinan Pansus RUU Pemilu di Senayan, Jakarta Selatan (21/11).

“Pak Yandri Susanto tidak merangkap jabatan apapun. Jadi, pikirannya akan tercurahkan sepenuhnya untuk RUU Pemilu. Kalau Pak Rambe kan tugasnya sudah berat. Pak Yandri juga dikenal oleh semua media dan pegiat pemilu. Jadi, kami usul beliau,” kata anggota Pansus Fraksi PAN, Totok Daryanto.

Tiga fraksi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tidak mengusulkan calon pimpinan, yaitu Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PKB) dan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Kami tidak mengusulkan pimpinan. Kami yakin semua yang ada di sini punya kapasitas untuk menjadi pemimpin Pansus. Yang terpenting, ada kombinasi antara partai besar, menengah, dan kecil di komposisi pimpinan Pansus,” kata anggota Pansus fraksi PPP, Ahmad Baidowi.

Rapat pemilihan dan penentuan akan dimulai pada pukul delapan malam hari ini. Pimpinan rapat, Fadli Zon, memberikan waktu kepada masing-masing fraksi untuk mengusulkan empat nama fraksi yang akan berkombinasi menjadi pimpinan Pansus.

“Para fraksi silakan melobi fraksi lain untuk menentukan empat nama fraksi yang akan memimpin Pansus. Masing-masing fraksi akan memberikan nama empat fraksi yang telah mengusulkan calon pimpinan tadi,” tukas Fadli.

Load More Related Articles
Load More By Maharddhika
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Persoalan Kaum Muda dalam Politik adalah Akses, Bukan Apatisme

Kaum muda kerap dinarasikan sebagai generasi yang tidak peduli pada politik. Hal ini menja…