Home Wawancara Faris – Appkitchens: Kenali Calegmu di Aplikasi Orang Baik

Faris – Appkitchens: Kenali Calegmu di Aplikasi Orang Baik

Comments Off on Faris – Appkitchens: Kenali Calegmu di Aplikasi Orang Baik
0
550

Keterbukaan informasi pemilu penting bagi masyarakat. Teknologi informasi hadir untuk membantu pemilih dalam mendapatkan informasi pemilu. Pemilih tak perlu bingung lagi dalam mengetahui calon legislator (caleg) yang akan dipilihnya. Banyak aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan anak-anak muda berbakat untuk menjawab persoalan ini.

Melalui lomba Hackathon yang diadakan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) pada 8-9 Maret lalu, ratusan pengembang teknologi informasi berkumpul untuk mengembangkan aplikasi baru dalam menyediakan informasi pemilu bagi pemilih. Aplikasi yang mereka kembangkan berbasis data Application Programming Interface (API) Pemilu yang dikembangkan Perludem.

Hasilnya, tim dari Jakarta, Appkitchens memenangkan lomba. Mereka menampilkan aplikasi “Orang Baik”. Aplikasi ini untuk mengetahui biodata dan kemampuan para caleg dengan sistem skor. “Orang Baik” akan diluncurkan Perludem untuk menjawab kegelisahan masyarakat dalam menentukan pilihannya. Berikut ini wawancara jurnalis rumahpemilu.org, Heru Suprapto, dengan Faris, Founder & Executive Advisor Appkitchens melalui surat elektronik.

Bisa anda ceritakan singkat Appkitchens?

Appkitchens adalah studio teknologi informasi (IT) yang didirikan pada bulan Juli 2012. Appkitchens bergerak di dalam jasa pengembangan IT, seperti software, website, mobile application, dan sistem yang didesain dan dibuat oleh tenaga-tenaga ahli yang sudah berpengalaman di dalam bidang IT.

Saat ini, teknologi merupakan salah satu faktor penting penunjang perkembangan dunia usaha dan komersial untuk memberikan keuntungan-keuntungan yang menjanjikan ke depannya. Appkitchens hadir dalam persaingan di dunia IT untuk memberikan penawaran dan jasa mengenai konsep teknologi jangka panjang yang lebih variatif untuk memajukan usaha yang  sedang berkembang.

Apabila ingin update tentang AppKitchens bisa kunjungi di http://www.appkitchens.com atau follow @AppKitchens di Twitter. 

 

Apa motivasi kawan-kawan mengikuti lomba Hackathon API Pemilu di Bandung pada tanggal 8-9 Maret lalu?

Berhubungan dengan tema yang diangkat tentang “Pemilu”, kami dari Appkitchens Studio merasa terpanggil dan tertantang untuk membuat aplikasi yang bisa membantu kami sendiri sebagai anak muda dan masyarakat umumnya agar tertarik dan peduli soal pemilu di Indonesia. Kepedulian ini dapat dimulai dari rasa ingin mengenal dan mengetahui calon-calon legislator (caleg) yang diusung partai di Pemilu 9 April mendatang

Appkitchens juga ingin membantu pemerintah, khususnya Komisi Pemilihan Umum untuk mengurangi jumlah pemilih “Golput” yang trendnya terus meningkat setiap pemilu. Appkitchens hadir dalam lomba Hackathon ini dengan ide dan pemikiran dari sudut pandang subjektif mengenai kapabilitas dan kemampuan masing-masing caleg, bukan hanya berdasarkan popularitas yang selama ini terjadi. Untuk itu kami membangun aplikasi bernama Orang Baik yang bisa diakses di laman orangbaik.org.

 

Apa itu aplikasi Orang Baik dan bagaimana cara kerjanya?

“Orang Baik” berawal dari pemikiran kami sebagai anak muda yang ingin bangsa ini lebih baik ke depan. Kami membuka kesempatan bagi anak muda untuk memilih wakil rakyat yang kompeten untuk berada di dalam lembaga pemerintahan dan legislatif.

Ide dan konsep yang kami pikirkan, diimplementasikan ke dalam aplikasi ini yang akan dikembangkan semaksimal mungkin untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya suara mereka untuk perubahan dan kemajuan bangsa Indonesia. Di dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengenal lebih jauh mengenai data diri kandidat yang maju di Pemilu 2014 nanti.

Cara kerja aplikasi Orang Baik, pertama pada homepage, pengguna diminta untuk memilih lokasi tinggal mereka dan memilih salah satu lembaga legislatif (DPR, DPRD, DPRD Tingkat I). Kemudian aplikasi ini akan melakukan pencarian data calon-calon legilator berdasarkan parameter tersebut. Kedua, pada halaman daftar caleg, pengguna bisa melakukan filter berdasarkan partai, jenis kelamin, dan juga umur. Ketiga, pengguna juga bisa melakukan perbandingan antara caleg-caleg yang ada.

Apa keuntungan pemilih dengan menggunakan aplikasi Orang Baik?

Kembali ke tujuan awal dari dibuatnya aplikasi Orang Baik, yakni sebagai salah satu sarana atau media edukasi dan penyadaran masyarakat tentang pentingnya suara mereka di dalam penyelenggaraan Pemilu 2014. Keuntungan yang bisa didapatkan dari aplikasi ini adalah pemilih atau user bisa mendapatkan informasi dan mengenal lebih dekat kandidat-kandidat yang akan mereka pilih di pemilu nanti.

Pemilih juga bisa lebih selektif untuk mengaspirasikan suara mereka berkaitan dengan fitur “scoring”. Tujuannya, untuk memberikan referensi kepada pemilih mengenai kompetensi setiap caleg dari sisi pendidikan, pengetahuan tentang daerah pemilihan, pengalaman organisasi dan kemampuan organisasi.

Kami sebagai developer, dengan aplikasi ini ingin merubah persepsi dan cara pandang masyarakat tentang pendapat “yang popular yang menang”, menjadi “ini bukan tentang popularitas, ini semua tentang orang baik”.

Selain itu, di aplikasi Orang Baik, pemilih dapat mengetahui informasi soal kebutuhan pemilih di pemilu dan hal lainnya soal kepemiluan dengan bahasa yang sangat sederhana dan gaya anak muda. Fitur ini menggunakan tema “Tahukah Kamu?” yang akan menjawab persoalan kebutuhan pemilih. Misalnya saja, “Gue anak kosan dan jauh dari daerah asal  gue, mesti pulang dulu ga buat nyoblos atau bisa nyoblos di daerah deket kosan gue? Cara daftarnya gimana? ”. Tinggal klik “Baca selengkapnya”, pemilih dapat mengetahui informasi ini.

Bagaimana kawan-kawan melihat pemilu ini berkaitan dengan teknologi informasi?

Pemilu adalah even besar untuk seluruh rakyat Indonesia, dimana setiap orang berhak untuk menentukan masa depan mereka melalui suara mereka di pemilu nanti. Pertanyaannya sekarang adalah “Siapa yang harus kami pilih?”. Dengan dukungan dan teknologi yang sudah berkembang saat ini, masyarakat bisa mengakses dan mendapatkan informasi yang mereka perlukan untuk menggerakan hati nurani mereka dan sebagai jawaban atas pertanyaan di atas.

Teknologi Informasi merupakan salah satu fasilitas yang hadir untuk membantu kita sebagai pemilih. Pemilih tak perlu bingung untuk mencari tempat untuk bertanya, karena kami sebagai developer juga sebagai pemilih akan memberikan yang terbaik untuk membantu mereka dari sisi teknologi informasi melalui aplikasi Orang Baik.

Bagamana rencana Appkitchen ke depan dalam mengembangkan Orang Baik?

Ke depan, Appkitchens akan berusaha mengembangkan dan memberikan yang terbaik untuk pemilih Indonesia. Tujuannya, agar bisa lebih menyentuh hati nurani mereka untuk lebih berperan aktif dan ikut serta sebagai pelaku sejarah demi kesejahteraan dan kemajuan negara Indonesia. Dalam pengembangannya saat ini, ada beberapa konsep dan ide yang akan kami kembangkan agar lebih informatif dan mengedukasi kepedulian pemilih.

Konsep yang akan kami kembangkan sebagai berikut:

  1. Custom scoring untuk para caleg, dimana user atau pemilih dapat menginput kriteria scoring berdasarkan keinginan mereka, parameter-parameter yang akan digunakan itu akan bergantung pada ketersediaan data dari Pemilu API
  2. Pengembangan di sisi “push notifications”, hal ini dimaksudkan untuk memberikan informasi penting terbaru atau sharing hal-hal tentang pemilu kepada para pemilih.
  3. Pengembangan untuk fitur “matching”, dimana user atau pemilih akan menjawab beberapa pertanyaan yang akan disediakan oleh aplikasi “Orang Baik”. Hal ini sebagai dasar penilaian Appkitchens menggunakan algoritma yang digunakan untuk mendapatkan tingkat atau nilai kecocokan antara pemilih dan caleg-caleg yang ada saat ini. Ada pun tujuan akhir dari fitur ini adalah pemilih mendapatkan referensi calon yang mungkin terbaik untuk mereka pilih dan mempermudah dalam menentukan pilihan mereka.
  4. Kami juga ingin menggandeng LSM atau komunitas yang berperan dalam pemilu. Jadi, ketika mereka mengadakan sosialisasi tentang pemilu, mereka akan meminta pemilih untuk memilih calon mereka atau mereka (pemilih) yang ingin tahu tentang caleg mereka dengan cara menggunakan aplikasi “Orang Baik”.

Kami berharap, dengan pengembangan aplikasi ini, pemilu dihadirkan menjadi begitu populer di mata masyarakat, terutama anak muda. Sehingga, meningkatkan partisipasi pemilih di pemilu nanti. Satu hal yang penting, pemilih dapat memilih dengan tepat orang baiknya yang akan maju ke dalam gedung parlemen.

Load More Related Articles
Load More By Maharddhika
Load More In Wawancara
Comments are closed.

Check Also

Inovasi dan Teknologi untuk Partisipasi Warga yang Melampaui Masa Pemilu

Berapa kamu mau dibayar untuk menghapus semua akun sosial mediamu? Liz Plank, seorang prod…