Home Berita KPU Banten dan Perludem Adakan Lomba Aplikasi Pilkada

KPU Banten dan Perludem Adakan Lomba Aplikasi Pilkada

Comments Off on KPU Banten dan Perludem Adakan Lomba Aplikasi Pilkada
0
1,766

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten bekerjasama dengan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengadakan perlombaan aplikasi digital pilkada. Bertajuk “Pilkada Banten Apps Challenge”, lomba ini bertujuan meningkatkan partisipasi dan kualitas penyelenggaraan pilkada dengan insentif total hadiah 32 juta rupiah.

“Kegiatan ini punya latar belakang masih rendahnya partisipasi pemilih di pemilu Banten. Khususnya di kalangan pemilih muda,” kata Ketua KPU Banten, Agus Supriyatna (8/11).

Agus menjelaskan, politik dan pemilu berkesan jauh dengan pemilih muda. Salah satu faktornya, pendidikan dan kampanye yang dilakukan penyelenggara pemilu belum dilakukan sesuai dengan segmen pemilih muda yang dituju. Dari pemilih per 3 November 2016 yang berjumlah 7.802.350, pemilih muda (17 sampai 30 tahun) merupakan segmen pemilih tinggi potensial berpartisipasi.

Direktur eksekutif Perludem, Titi Anggraini berpendapat, Pilkada Banten Apps Challenge penting diadakan di Pilkada Banten. Provinsi paling barat Pulau Jawa ini merupakan daerah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2017 dengan jumlah pemilih terbanyak.

Perludem pun melanjutkan tradisi positif pendidikan dan partisipasi pemilu berbasis data digital. Indonesia merupakan negara pertama di dunia yang menyelenggarakan kompetisi aplikasi digital pemilu. Berformat Hacker Marathon, perlombaan pertama di Bandung pada konteks Pemilu DPR, DPD, dan DPRD 2014, lomba menghasilkan puluhan aplikasi pemilu yang mendorong peningkatan partisipasi pemilih.

Pilkada Banten Apps Challenge diselenggarakan dari 7-17 November 2016 sebagai tahap pendaftaran, hingga pelaksanaan lomba pada 17 Desember 2016. Perlombaan hanya untuk warga ber-KTP Banten dan terbuka peserta individu maupun tim maksimal berjumlah 5 orang. []

Waktu pendaftaran dimulai pada 7 November sampai 5 Desember 2016 . Form pendaftaran dapat diakses di www.bit.ly/pilkadabantenappschallenge. Ada dua tema: Umum dan Games. Keduanya mempunyai hadiah dan pemenang masing-masing dengan jumlah 32 juta rupiah. []

whatsapp-image-2016-11-10-at-9-11-47-am

Load More Related Articles
Load More By USEP HASAN SADIKIN
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

UMNO-mandering: Masalah Besar Pemilu Malaysia

Dalam studi kepemiluan, terdapat istilah “Gerrymandering”. Ini merupakan rekayasa sistemik…