Home Berita Mayoritas Lolos, Seleksi KPU dan Bawaslu Semakin Kompetitif

Mayoritas Lolos, Seleksi KPU dan Bawaslu Semakin Kompetitif

Comments Off on Mayoritas Lolos, Seleksi KPU dan Bawaslu Semakin Kompetitif
0
517

Hasil seleksi administrasi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah diumumkan. 300 dari 325 pendaftar anggota KPU dan 217 dari 239 pendaftar anggota Bawaslu memenuhi syarat administrasi. Dikomparasikan dengan seleksi adminsitrasi KPU dan Bawaslu 2012, hanya 166 pendaftar yang lolos verifikasi administrasi. Ini menunjukkan bahwa jumlah 517 pendaftar meningkat tiga kali lipat.

“Peningkatan tiga kali lipat ini adalah keberhasilan bagi tim seleksi dalam melakukan proses seleksi administratif secara alamiah. Formulir pendaftaran yang disusun secara sistematik membuat para pendaftar harus menunjukkan kompetensi dan pengalamannya dalam bidang kepemiluan secara rinci,” kata Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Masykurudin Hafidz, kepada Rumah Pemilu (29/11).

Masykur juga mengatakan bahwa banyaknya pendaftar yang memenuhi syarat administrasi dan berhak mengikuti seleksi berikutnya membuat proses rekruitmen KPU dan Bawaslu tingkat nasional semakin kompetitif. Hal tersebut membawa manfaat dalam peningkatan komposisi KPU dan Bawaslu yang ideal.

“Semakin banyak pendaftar yang dapat menunjukkan pengetahuan dan pengalamannya dalam menyelenggarakan pemilu, maka keinginan untuk mewujudkan komposisi KPU dan Bawaslu yang ideal semakin terbuka,” tukas Masykur.

Masykur berharap tim seleksi berhasil mensolidkan kepengurusan KPU dan Bawaslu sejalan dengan penguatan posisi KPU dan Bawaslu di Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu.

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Syarat Undur Diri di Rancangan PKPU Pencalonan Pilkada 2020 Diubah

Di dalam rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Pencalonan Pemilihan Kepala Daer…