Home Berita Menginovasi Sosialisasi Pilkada Banten 2017

Menginovasi Sosialisasi Pilkada Banten 2017

Comments Off on Menginovasi Sosialisasi Pilkada Banten 2017
0
937

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten mengelola sosialisasi Pilkada 2017 dengan beberapa inovasi. KPU mengadakan Kursus Singkat Kepemiluan untuk menyasar lima segmen kelompok masyarakat, yakni umum, mahasiswa, profesional, organisator, dan pegiat pemilu..

“Para relawan memberikan output yang baik untuk KPU Banten. Mereka banyak memberikan masukan dan inovasi sosialiasi Pilkada, seperti menyebarkan poster sosialisasi yang menarik, mengadakan diskusi untuk pemilih pemula dan masyarakat umum, lomba pembuatan aplikasi pemilu Banten, dan banyak lagi,” kata Ketua KPU Banten, Agus Supriyatna, pada diskusi “Perkembangan Pilkada Banten dan Sosialisasi Pilkada Banten Apps Challenge 2017” di Menteng, Jakarta Pusat (21/11).

KPU Banten juga menggelar program lomba Banten Apps Challenge untuk menyasar segmen pemilih pemula yang akrab dengan teknologi. Agus menjelaskan, lomba ini mencoba mentransformasi data terbuka yang dimiliki KPU menjadi sebuah aplikasi yang mudah digunakan oleh anak muda. Sebagai contoh, salah satu kategori ini adalah kategori “games” yang diharapkan mampu merangsang kreativitas dan imajinasi anak muda untuk mengolah data menjadi sebuah permainan yang menarik melalui bahasa pemrograman.

“Banten ini tingkat partisipasinya terendah ketiga se-Indonesia. Terutama di Serang, tingkat partisipasi hanya 50,37 persen. Kami harus kerja keras dan berinovasi untuk mencapai target partisipasi 77,5 persen,” tukas Agus.

Penyelenggaraan Kursus Singkat Kepemiluan tidak hanya diadakan di provinsi Banten, tetapi di seluruh provinsi di Indonesia. Relawan demokrasi diharapkan menjadi tangan panjang KPU untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi yang berkualitas.

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Syarat Undur Diri di Rancangan PKPU Pencalonan Pilkada 2020 Diubah

Di dalam rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Pencalonan Pemilihan Kepala Daer…