Home Berita Pastikan Anda Terdaftar di DPT Pilkada 2017 agar Bisa Nyoblos

Pastikan Anda Terdaftar di DPT Pilkada 2017 agar Bisa Nyoblos

Comments Off on Pastikan Anda Terdaftar di DPT Pilkada 2017 agar Bisa Nyoblos
0
1,647

Pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 kian menjelang. Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) 14/2016, untuk dapat memilih pada pemungutan suara Pilkada 15 Februari 2017 nanti, Anda mesti terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Cek apakah Anda sudah terdaftar apa belum dalam DPT. Ada tiga cara untuk mengecek nama Anda di DPT,” kata Betty Epsilon Idroos, anggota KPU DKI Jakarta, dalam keterangan yang diterima redaksi Rumah Pemilu (6/1).

Pertama, Anda dapat mengecek nama Anda di laman daring https://pilkada2017.kpu.go.id/pemilih/dpt/nasional. Masukkan NIK pada kolom “Cari NIK” untuk mengetahui status Anda—terdaftar atau tidak.

Kedua, Anda bisa datang ke kantor kelurahan. Di kantor kelurahan, Anda dapat memeriksa DPT yang ditempel pada papan pengumuman.

Ketiga, Anda bisa menanyakan petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di sekitar tempat tinggal Anda. Kantor KPU Kabupaten/Kota juga membuka layanan ini pada desk PPID.

Jika tidak ada nama Anda dalam daftar tersebut, Anda masih bisa memilih dengan memenuhi beberapa persyaratan. “Anda dapat menggunakan hak sebagai pemilih dengan kategorisasi pemilih tambahan atau disingkat dengan DPTb. Syarat menjadi pemilih DPTb adalah bawa bukti-bukti,” kata Betty.

Load More Related Articles
Load More By Maharddhika
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

PKPU 20/2018 Tentang Pencalonan Anggota Legislatif Pascapengundangan Tanggal 3 Juli 2018

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Selasa (3/7/2018) malam, akhirnya mengundangkan P…