Home Berita Pemilih Pemula Lebih Optimis pada Perjalanan Demokrasi

Pemilih Pemula Lebih Optimis pada Perjalanan Demokrasi

Comments Off on Pemilih Pemula Lebih Optimis pada Perjalanan Demokrasi
0
2,545

Pemilih pemula lebih optimis tergadap perjalanan demokrasi jika dibandingkan dengan pemilih dengan umur lainnya. Demokrasi masih dianggap sebagai sistem politik terbaik dibandingkan sistem politik lainnya.

“Yang paling optimis itu adalah pemilih pemula. Responden yang saat survei dilakukan umurnya di bawah 19 angkanya 72,70 persen optimis terhadap demokrasi,” kata Arya Fernandes, peneliti pada Departemen Politik dan Hubungan Internasional Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada acara “Youth Conference on Anti-Corruption” (28/11).

Hanya 9.10 persen responden di bawah 19 tahun yang pesimis terhadap jalannya demokrasi. 18.20 persen lainnya netral. Sementara pada kelompok umur 20-29 tahun, 54.10 persen optimis, 37.00 persen netral, dan 7.60 persen pesimis pada demokrasi.

Survei juga menunjukkan kecenderungan kekritisan anak muda pada perjalan demokrasi. Semakin muda seseorang, menurut Arya, maka semakin kritis terhadap perjalanan demokrasi.

“Kemiskinan dan kesenjangan ekonomi yang membesar serta korupsi dalam pemerintahan jadi poin kritis ketidakpuasan terhadap demokrasi yang sudah berjalan,” kata Arya.

Load More Related Articles
Load More By Maharddhika
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Inovasi dan Teknologi untuk Partisipasi Warga yang Melampaui Masa Pemilu

Berapa kamu mau dibayar untuk menghapus semua akun sosial mediamu? Liz Plank, seorang prod…