Home Berita Perludem dan Ilmu Pemerintahan UMM Kerjasama Pendidikan Pemilu

Perludem dan Ilmu Pemerintahan UMM Kerjasama Pendidikan Pemilu

Comments Off on Perludem dan Ilmu Pemerintahan UMM Kerjasama Pendidikan Pemilu
0
283

Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) dan Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Malam (UMMA) bekerjasama dalam pendidikan pemilu. Berdasar Nota Kesepahaman (MOU), kerjasama dilakukan untuk mengoptimalkan upaya-upaya Peningkatan Kualitas Lulusan Ilmu Pemerintahan FISIP UMM.

MOU disepakati dan ditandatangani oleh pimpinan kedua lembaga pada 27 April 2018 di Kampus Ilmu Pemerintahan FISIP UMM. Perludem oleh Direktur eksekutif Perludem, Titi Anggraini. Ilmu Pemerintahan FISIP UMM oleh Ketua Program Studi terkait, Salahudin.

Dalam Pasal 1 MOU, terdapat empat tujuan kerjasama pendidikan Perludem dan Ilmu Pemerintahan FISIP UMM. Pertama, mengusahakan lebih efektifnya upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yakni lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP UMM.

Kedua, mensinergikan upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan dalam praktik pemerintahan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Perguruan Tinggi melalui Penelitian, Publikasi dan Magang Riset  yang yang dilakukan oleh para pihak.

Ketiga, membangun hubungan kelembagaan untuk mendukung terwujudnya pemilu yang demokratis, berkeadilan, dan berkualitas. Empat, melakukan aktivitas pelatihan, seminar, dan pemantauan sebagai upaya untuk berpartisipasi untuk menigkatkan integritas pemilu.

Perludem dan Ilmu Pemerintahan FISIP UMM sepakat bahwa Nota Kesepemahaman dilaksanakan berdasarkan prinsip mengutamakan aspek Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat dengan tetap berpegang pada ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dan kedua lembaga pun spakat, biaya yang timbul sebagai akibat dari pelaksanaan Nota Kesepemahaman ini secara proporsional menjadi tanggungan masing-masing pihak. []

Load More Related Articles
Load More By USEP HASAN SADIKIN
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Loloskan Koruptor Nyaleg, Bawaslu Lampaui Kewenangan

Koalisi masyarakat sipil menilai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah melampaui kewenanga…