Home Berita Perludem Menangkan Silver Open Government Awards

Perludem Menangkan Silver Open Government Awards

Comments Off on Perludem Menangkan Silver Open Government Awards
0
352

Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) meraih peringkat kedua penghargaan Open Government Awards (OGP) untuk program API Pemilu yang dinilai sukses meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses pemilu melalui transparansi data pemilu. Penghargaan diberikan oleh Open Government Partnership (OGP) pada 7 Desember 2016 sore hari waktu Paris.

“Mengingat perkembangan politik saat ini tengah meresahkan seluruh dunia dan menyusutnya ruang sipil, adalah hal yang luar biasa melihat kemajuan besar yang dapat dibuat ketika masyarakat sipil bekerjasama dengan pemerintah. Inisiatif yang dilakukan oleh para pemenang penghargaan ini dapat berfungsi sebagai model untuk pemerintahan yang lebih baik,” kata Direktur Bidang Keterlibatan Masyarakat Sipil OGP, Paul Maassen, di Paris, Prancis (7/12).

Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini, mengatakan bahwa penghargaan tersebut akan menjadi motivasi bagi Perludem untuk terus mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pemilu Indonesia. Titi mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah membuka diri untuk bekerjasama dengan organisasi masyarakat sipil.

“Perludem sangat bangga atas anugerah Open Government Awards ini. Kami mengapresiasi KPU yang memiliki komitmen kuat pada keterbukaan dan transparansi data pemilu. API Pemilu merupakan wujud nyata bahwa institusi negara bisa bekerja bersama masyarakat sipil untuk mewujudkan tata kelola pemilu yang baik, dan ini sejalan dengan misi OGP,” kata Titi kepada Rumah Pemilu (7/12).

Open Government Awards merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada lembaga atau inisiatif yang telah membukakan kesempatan bagi masyarakat untuk mengakses informasi yang dipublikasi oleh pemerintah, guna memeriksa alokasi anggaran, menyingkap skandal korupsi, dan mengaudit kualitas pelayanan pemerintah.

 

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Lima Mantan Narapidana Kasus Korupsi ada di Daftar Bacaleg DPR RI

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Wahyu Setiawan melaporkan bahwa terdapat lima baka…