Home Berita Perludem: Penangkapan Robertus Robet Bisa Picu Apatisme Pemilu

Perludem: Penangkapan Robertus Robet Bisa Picu Apatisme Pemilu

0
0
176

Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) berpendapat, penangkapan akademisi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Robertus Robet bisa memicu apatisme Pemilu 2019. Kepolisian sebagai pemangku kepentingan dalam pemilu malah tak menjamin iklim pesta demokrasi secara aman dan membebaskan.

“Ini dampaknya sangat buruk bagi persiapan Pemilu 2019. Bisa memicu apatisme dan pragmatisme politik masyarakat yang sangat mungkin meragukan kredibilitas demokrasi Indonesia dengan pemilu sebagai salah satu instrumennya,” kata Direktur Perludem, Titi Anggraini kepada rumahpemilu.org (7/3).

Menurut Titi, apa yang dilakukan kepolisian pada tahapan Pemilu 2019 ini sesuai dengan kebutuhan profesionalisme keamanan negara demokrasi. Penangkapan Robet bertentangan dengan sikap menempatkan Pemilu 2019 sebagai bagian dari konsolidasi demokrasi Indonesia.

“Bukan tidak mungkin makin banyak orang ingin Golput setelah penangkapan Robet akibat kecewa pada jaminan pemenuhan hak politik warga,” kata salah satu duta demokrasi The International Institute for Democracy and Electoral Assistance (International IDEA) ini.

Robertus Robet merupakan salah satu orator dalam Aksi Kamisan “Tolak Dwifungsi TNI” di depan Istana Merdeka (28/2). Kepolisian berpendapat, konten orasinya telah menghina dan melecehkan TNI.

7 Maret dini hari, Robet sudah mengklarifikasi, lagu tentang ABRI (bukan TNI) yang dinyanyikannya dalam orasi bukan ciptaannya. Lagu itu merupakan lagu pada fase pengupayaan Reformasi untuk menolak Dwifungsi ABRI. Dalam orasi pun Robet menekankan pada kecintaannya terhadap TNI yang professional.

Robet kini berstatus Tersangka kasus ujaran kebencian. Kepolisian menangkap berdasar pada Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). []

 

Load More Related Articles
Load More By USEP HASAN SADIKIN
Load More In Berita

Check Also

Data Perempuan Caleg

Data tentang perempuan terpilih. Download Attachments File Downloads 20170910 Keterpilihan…