September 13, 2024

Agus-Sylvi 1, Ahok-Djarot 2, dan Anies-Uno 3

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta mengumumkan nomor urut pasangan calon gubernur-wakil gubernur. Nomor urut 1 milik Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni. Nomor urut 2 milik Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat. Nomor urut 3 milik Anies Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno.

“Nomer satu, dua, atau tiga sama saja. Ketiganya angka sejajar yang berdiri sama tinggi. Siapa pun yang mendapat angka satu dua tiga adalah yang terbaik bagi Jakarta,” kata Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno di Kemayoran, Jakarta Pusat (25/10).

Pengumuman penetapan nomor urut paslon yang dilangsungkan di gedung Jakarta International Expo berlangsung lancar, tertib, dan meriah. Masing-masing paslon memberikan pidato lima menit yang menggambarkan visi misi untuk Jakarta lima tahun ke depan.

“Saya siap untuk berkompetisi secara damai, sehat, dan demokratis. Ini nomer yang baik, tapi yang terbaik adalah komitmen dan ketulusan hati untuk memimpin Jakarta menuju Jakarta yang lebih baik. Kami akan mengedepankan kampanye yang konstruktif dan mencerahkan,” kata calon gubernur (cagub) nomor urut 1, Agus.

Setelah Agus, calon wakil gubernur dari paslon Ahok-Djarot menyampaikan pidatonya. “Tunjukkan kedewasaan kita dalam berdemokrasi, bukan demokrasi yang mencaci-maki. Kami komitmen membangun ibu kota negara yang bisa dibanggakan,” kata Djarot.

Pidato terakhir disampaikan oleh cagub nomer urut tiga. “Kami di sini untuk menghadirkan harapan untuk Jakarta. Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya,” kata Anies.

Sumarno berharap Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 berlangsung aman dan damai. “Apapun hasilnya, pemenangnya adalah warga Jakarta. Ini pesta demokrasi kita semua,” tutupnya. [Amalia]