August 8, 2024

Afifuddin Ditetapkan sebagai Ketua KPU Definitif

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Mochammad Afifuddin sebagai Ketua KPU definitif pengganti Hasyim Asy’ari yang dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena kasus etik asusila terhadap anggota PPLN Den Hag. Sebelumnya, Afif ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU usai pemecatan Hasyim.

“Karena mengingat kebutuhan-kebutuhan organisasi dan juga tugas tanggung jawab organisasi ke depan kami dapat menyepakati pada pleno yang kami lakukan beberapa saat sebelumnya untuk menetapkan Pak Mochammad Afifuddin sebagai ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) secara definitif,” kata Komisioner KPU August Mellaz saat membuka Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional serta Penetapan Hasil Pemilu 2024 Pasca Pelaksanaan Putusan MK di Kantor KPU, Jakarta Pusat (28/7).

Menurut August penetapan Afifuddin sebagai Ketua KPU definitif itu diputuskan dalam rapat pleno yang dilakukan beberapa saat sebelumnya, yang dihadiri oleh enam pimpinan KPU dan Sekjen KPU. Ia menyebut dengan penetapan tersebut maka Afifuddin resmi menjabat sebagai ketua yang sah hingga akhir masa jabatan keanggotaan Komisi Pemilihan Umum periode 2022-2027.

“Dengan demikian posisi definitif dari ketua KPU pak Mochammad Afifuddin akan menjalankan tugasnya sampai dengan akhir masa jabatan keanggotaan komisi pemilihan umum periode 2022-2027,” ucapnya.

Pemecatan resmi itu ditandai dengan Keputusan Presiden (Keppres) No. 73 P pada tanggal 9 Juli 2024 yang menyatakan Hasyim diberhentikan secara tidak hormat sebagai Anggota KPU.

Ketua definitif KPU, Afifuddin mengatakan pihaknya akan mengevaluasi proses pemilu yang kurang maksimal dan mencari perbaikan. Afif mengatakan akan melibatkan banyak pihak dalam proses pengambilan kebijakan, khususnya untuk Pilkada 2024 mendatang.

“Untuk pilkada kami sedang menyiapkan PKPU terkait logistik, itu yang agak mendesak. Kemudian dalam waktu dekat kita akan melakukan penetapan daftar pemilih sementara, selanjutnya kita akan menyiapkan PKPU terkait dana kampanye, kampanye dan pencalonan yang kira-kira sebulan lagi akan diputar pendaftarannya, dan ini sedang kita siapkan semuanya,” kata Afif usai penghitungan rekapitulasi suara. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.