August 8, 2024

Juri Ardiantoro, Ini Hari Terakhir Kami Bertugas

Senin, 10 April 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merilis lima buku Kinerja Lima Tahun KPU RI 2012-2017. Buku tersebut berisi laporan pertanggungjawaban atas kinerja KPU RI selama lima tahun dan potret keunikan pemilu di wilayah-wilayah Indonesia. Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro, mengatakan bahwa buku tersebut bermakna sebagai pembelajaran dan transfer memori bagi penyelenggara pemilu periode 2017-2022.

“Dengan membaca basmallah, kami resmikan launching lima buku pertanggungjawaban kinerja kami selama lima tahun. Buku ini tidak sekadar ingin menyampaikan apa yang telah kami kerjakan, tetapi menyampaikan pengalaman dan pengetahuan kepada masyarakat luas,  khususnya penyelenggara pemilu yabg akan datang,” kata Juri di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Pada acara tersebut, Juri, mewakili enam komisioner lainnya, juga menyampaikan terima kasih sekaligus berpamitan kepada lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi massa (ormas), partai politik, dan media yang telah menjadi mitra KPU sejak KPU periode 2012-2017 bertugas. KPU menyatakan bangga telah mampu menjadi penyelenggara pemilu yang mandiri hingga akhir masa tugas.

“Ini hari terakhir masa tugas kami. Besok, komisioner baru akan dilantik oleh Presiden.
Kami sudah menjalankan tanggung jawab kami sebagai komisioner. Terimakasih untuk teman-teman, lembaga-lembaga, dan media yang sudah mensupport kami selama lima tahun,” ujar Juri.

Juri berharap komisioner KPU periode 2017-2022 dapat menjaga kemandirian KPU dan berupaya untuk menyelenggarakan pemilu yang lebih berkualitas. Inovasi pemilu dan transparansi harus dilanjutkan.