August 9, 2024

Bawaslu RI Jalankan Dua Seleksi Lembaga Pengawas

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI tengah melakukan tahapan rekrutmen di dua lembaga pengawas, yakni Fit and Proper Test (FnP) Panitia pengawas (Panwas) di 514 kabupaten/kota dan  rekrutmen calon anggota Bawaslu di 25 provinsi. Panwas kabupaten/kota akan dilantik pada 23-25 Agustus 2019.

“Karena keadaan geografis masing-masing daerah berbeda, maka pelantikannya tidak bisa serentak. Tapi, sebelum akhir Agustus sudah terlantik semuanya,” kata Ketua Bawaslu RI, Abhan, pada konferensi pers di Menteng, Jakarta Pusat (8/7).

Untuk rekrutmen calon anggota Bawaslu provinsi, setelah dilakukan tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT), akan dilaksanakan tes kesehatan jasmani dan psikologi. Peserta yang lolos tes tertulis, tes kesehatan dan tes psikologi, selanjutnya akan mengikuti tes wawancara, tes kesehatan dan tes psikologi lanjutan.

“Di tahap akhir, akan ada Fit and Proper Test. Perkiraannya di awal September karena jabatan anggota Bawaslu provinsi saat ini akan habis pada 20 September,” jelas Abhan.

20 September 2017 direncanakan telah terbentuk komposisi Bawaslu provinsi periode 2017-2022 di 25 daerah dengan jumlah anggota tiga orang. Tambahan anggota Bawaslu provinsi akan diseleksi sesuai dengan ketentuan peralihan di Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu. Untuk Bawaslu kabupaten/kota, Bawaslu belum memutuskan untuk membuka seleksi baru atau melalui metode evaluasi.