August 9, 2024

Adik Kakak Bertarung di Pilgub Maluku Utara 2018

Kakak beradik, Abdul Gani Kasuba dan Muhammad Kasuba bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Maluku 2018. Keduanya maju lewat jalur partai politik.

Si kakak, Abdul Gani, merupakan petahana Gubernur Maluku. Ia berpasangan dengan Al Yasin Ali, Bupati Halmahera Selatan periode 2012-2017.  Pasangan calon (paslon) ini diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Sementara itu, sang adik, Muhammad Kasuba, adalah politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang pernah menjadi Bupati Halmahera Selatan dua periode. Muhammad mengambil Madjid Husen, mantan Sekretaris Provinsi Maluku Utara, sebagai calon wakil gubernur. Muhammad-Madjid didukung oleh PKS, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Di Pilgub Maluku 2018, Abdul-Yasin mendapat nomor urut 3 dan Muhammad-Madjid nomor urut 4. Totas pasangan calon (paslon) di Pilgub Maluku ada empat.

Muhammad, sebagaimana diberitakan oleh www.kejati-malut.go.id, www.merdeka.com, http://malukuutaranews.com, dan  http://www.beritasatu.com, pernah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan kapal Halmahera Selatan (Halsel) Express 01 senilai 14,8 miliar rupiah oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara. Namun, kasus ini berakhir dengan dikeluarkannya surat pemberhentian penyidikan perkara (SP3). Pada 2016, Halmahera Corruption Watch (HCW) kembali mengajukan kasus korupsi kapal Halsel Express 01 ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).