Home Berita Jika Surat Suara A Masuk ke Kotak Suara B, Begini Pengaturannya di RPKPU

Jika Surat Suara A Masuk ke Kotak Suara B, Begini Pengaturannya di RPKPU

Comments Off on Jika Surat Suara A Masuk ke Kotak Suara B, Begini Pengaturannya di RPKPU
0
3,256

Rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara mengatur bahwa apabila, sebagai contoh, surat suara Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten/kota masuk ke dalam kotak suara Pemilihan Anggota DPR RI, maka surat suara tersebut dipisahkan dari surat suara Pemilihan Anggota DPR RI. Surat suara ini selanjutnya dihitung pada penghitungan surat suara Pemilihan Anggota DPRD kabupaten/kota.

“Jadi, disimpan terlebih dulu untuk memudahkan penghitungannya,” tukas anggota KPU RI, Ilham Saputra, pada rapat konsultasi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Senayan, Jakarta Selatan (28/8).

Norma tersebut tak disepakati oleh anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Sirmadji. Jika surat suara dipisahkan dan dihitung kemudian bersamaan dengan surat suara sejenis, dikhawatirkan timbul kecurangan atau kecurigaan yang berpotensi menimbulkan kisruh di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sirmadji menyarankan agar surat suara yang masuk di kotak suara jenis pemilihan berbeda dinyatakan tidak sah.

“Di benaknya masyarakat, sudah terpahami bahwa segala hal yang sudah dihitung, itu masuk ke dalam kotak. Apa tidak sebaiknya itu langsung dikatakan tidak sah saja agar tidak menimbulkan persoalan apa-apa? Bisa jadi persoalan besar karena nunggu sampai selesai ngitung yang itu, ini tau-tau sudah dibuka, tau-tau lubangnya dua. Ini bisa ribut. Misal, coblosnya di partai tertentu, tapi ada sobek. Bisa ribut itu,” kata Sirmadji.

Masukan Sirmadji tak dapat diterima oleh KPU. Ilham menerangkan, jika surat suara salah kotak dinyatakan tidak sah, pencocokan antara jumlah surat suara sah dan tidak sah dengan jumlah surat suara terpakai dan tidak terpakai akan bermasalah.

“Jadi, kami mennganggap ini tetap sah, hanya saaah masuk ke kotak. Nah, untuk meminimalisir ini, kita akan lakukan bimtek (bimbingan teknis) sistemastis, terutama kepada petugas TPS nomor lima, agar tidak salah orang memasukkan surat suara ke kotak yang telah disediakan,” ujar Ilham.андорра горнолыжный отдыххай лайтер

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

MPI Minta Timsel Berkomitmen Penuhi Keterwakilan Perempuan di KPU dan Bawaslu

Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemili…