Home Berita Kasus Bowo Sidik Mesti Jadi Sinyal Waspada Pengawas Pemilu

Kasus Bowo Sidik Mesti Jadi Sinyal Waspada Pengawas Pemilu

0
0
92

Kasus suap yang menjerat calon anggota legislatif (caleg) Partai Golongan Karya (Golkar), Bowo Sidik menjadi sorotan Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk penanganan politik uang Pemilu 2019 yang akan dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Pasalnya, uang suap yang diterima Bowo dikemas dalam 400 ribu amplop yang berisi pecahan 20 ribu hingga 50 ribu rupiah. Diduga kuat oleh ICW, uang ini akan disebar menjelang pemungutan suara pada 17 April 2019.

“Kasus Bowo Sidik Pangarso membuktikan bahwa ancaman politik uang di 2019 ini adalah ancaman yang nyata. KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menemukan uang suap yang diterima oleh Sidik Pnagarso sudah dikemas dalam 400 ribu amplop,” kata Peneliti ICW bidang Korupsi Politik, Almas Sjafrina pada konferensi pers “Bersama Mewujudkan Pemilu Bersih dan Damai” di Cikini, Jakarta Pusat (14/4).

Menurut Almas, Bawaslu penting menjadikan kasus Bowo Sidik sebagai sinyal potensi politik uang. Bowo Sidik dinilai hanya salah satu orang yang telah merencanakan melakukan politik uang.

“Kami yakin, Bowo Sidik adalah salah satu dari banyak caleg yang melakuka politik uang, mengingat kompetitinya Pemilu 2019 ini,” tukas Almas.

ICW mencatat titik rawan politik uang terjadi di tiga waktu, yakni dua minggu sebelum pemungutan suara, masa tenang, dan hari pemungutan suara. Belajar dari pemantauan politik uang di Pemilu 2014, Almas menyarankan agar pengawas pemilu tak melakukan pemantauan seorang diri, melainkan minimal berdua. Satu pengawas bertindak sebagai pelapor, dan satu pengawas lain sebagai saksi.

“Jadi, waktu dulu itu kami menemukan banyak kasus politik uang. Tapi, tidak banyak yang bisa ditindak karena tidak ada saksi. Makanya, kami sarankan agar strategi yang dipakai pengawas, mengawasinya berdua,” saran Almas.

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita

Check Also

Aktivis Perempuan Ajak Para Pihak Kawal Perolehan Suara Perempuan Caleg

Tingkat persentase keterpilihan perempuan calon anggota legislatif (caleg) masih rendah. P…