Home Berita Keamanan IT KPU Jadi Sorotan Komisi II DPR RI

Keamanan IT KPU Jadi Sorotan Komisi II DPR RI

Comments Off on Keamanan IT KPU Jadi Sorotan Komisi II DPR RI
0
162

Keamanan sistem informasi dan teknologi (IT) yang dikelola oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi sorotan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Sistem IT, terutama Sistem Informasi Penghitungan (Situng), diharapkan tangguh alias tak sering mati-hidup seperti kasus Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Pastikan tidak ada server yang down kayak Sipol kemarin. 1 jam sekali down. Jangan sampai kredibilitas pemilu terciderai karena persoalan IT,” pesan Wakil Ketua Komisi II dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nihayatul Wafiroh, pada rapat dengar pendapat di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan (18/3).

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU RI, Arief Budiman menjelaskan bahwa software dan hardware sistem IT KPU telah diperbarui. Kapasitas server diperbesar dan menggunakan teknologi terbaru. KPU manggandeng kampus teknologi ternama di Indonesia dalam membangun sistem IT.

Hardware-nya sudah di-update dengan hardware yang bukan hanya dari kapasitasnya cukup besar, tapi juga teknologinya terbaru. Kemudian, software juga kita update dengan teknologi terbaru, dan kita kerjasama dengan kampus ternama di Indonesia,” jelas Arief.

Arief mengatakan bahwa keamanan sistem IT merupakan salah satu prioritas kerja untuk Pemilu 2019. Pihaknya telah mengupayakan yang terbaik, diharapkan tak ada gangguan yang berarti.

“Teman-teman sudah bekerja pagi , siang, malam untuk persipakan ini. Mudah-mudahan tidak ada yang mengganggu. Tapi IT itu, secanggih apapun, ada kelemahannya. Pentagon, Google, Instagram, itu pun sempat down,” tukas Arief.

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Aktivis Perempuan Ajak Para Pihak Kawal Perolehan Suara Perempuan Caleg

Tingkat persentase keterpilihan perempuan calon anggota legislatif (caleg) masih rendah. P…