Juni 21, 2024
iden

KPU RI Imbau KPUD Sosialiasi Cegah Covid-19

Berdasarkan surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI No.301 tertanggal 1 April 2020, seluruh satuan kerja (satker) KPU RI diimbau untuk mengoptimalkan media sosial guna menyosialisasikan cara melawan Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Diharapkan KPU RI, menjalankan gaya hidup sehat dapat membuat masyarakat terjauh dari Covid-19.

“Sosialisasi dan edukasi publik menjadi salah satu kata kunci guna mengubah gaya hidup pemilih tidak terpapar dan menyebarkan Covid-19. Sejumlah relawan Covid-19 menekankan pentingnya literasi Covid-19. Kebutuhan saat ini adalah mengubah gaya hidup sehat, anti Covid-19,” kata Viryan, sebagaimana rilis pers yang diterima rumahpemilu.org (7/4).

Diterangkan di dalam rilis pers, bahwa KPU daerah dapat membuat meme sosialisasi hidup sehat, pentingnya melakukan social distancing, dan meningkatkan imunitas. Dalam sosialisasinya, hastag #KPUlawanCOVID19 digunakan.

Dimintai keterangan mengenai tindak lanjut arahan KPU RI tersebut, anggota KPU Jawa Barat, Idham Kholik, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi mengenai mitigasi penyebaran Covid-19 sebelum KPU menerapkan kebijakan bekerja dari rumah. Bahkan, kepada KPU kabupaten/kota pun telah diimbau melakukan hal serupa.

“Sebelum KPU menerbitkan kebijakan WFH, KPU Jawa Barat telah mengarahkan 27 KPU kabupaten/kota di Jawa Barat, khususnya yang sedang pemilihan, untuk aktif melakukan sosialisasi dan edukasi mitigasi penyebaran Covid-19,” kata Idham melalui Whats App.

Dalam melakukan sosialisasi lewat media sosial, Idham mengimbau KPU kabupaten/kota untuk menggunakan bahasa daerah. Menurutnya, pesan akan lebih tersampai jika konten dikemas secara menarik dan menggunakan bahasa sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat di daerah.

“Kita perlu mengembangkan konten yang kreatif. Bisa dalam bentuk poster atau video. Kami juga mengarahkan ya agar KPU kabupaten/kota menggunakan bahasa daerah,” ujar Idham.

Berkunjung ke akun media sosial KPU Jawa Barat, rumahpemilu.org mendapati konten-konten terkait pencegahan Covid-19, yakni mengenai program masker, gejala Covid-19, penundaan Pilkada 2022 untuk mencegah penyebaran Covid-19, anjuran melakukan social distancing dan isolasi diri di rumah, dan informasi beda rapid test dengan swab test.