Home Berita Skenario Lanjutan Jika Pilkada Tak Bisa Diselenggarakan 9 Desember 2020

Skenario Lanjutan Jika Pilkada Tak Bisa Diselenggarakan 9 Desember 2020

Comments Off on Skenario Lanjutan Jika Pilkada Tak Bisa Diselenggarakan 9 Desember 2020
0
527

Jika pemilihan kepala daerah (Pilkada) tidak memungkinkan diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2020, penundaan akan diperpanjang hingga Maret 2021. Hal tersebut ditegaskan Arief Budiman, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), saat diskusi daring “Pilkada 9 Desember 2020 Mungkinkah?” yang diselenggarakan oleh PUSaKO FH Unand, Netgrit, Perludem, Rumah Kebangsaan (19/4).

“Kalau tidak terpenuhi, apa yang menjadi kesimpulan rapat kerja terakhir, maka kita ke skenario berikutnya. Otomatis ke Maret,” kata Arief Budiman (19/4).

Pernyataan Arief mengkonfirmasi rencana Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Pemerintah. Ahmad Doli Kurnia, Ketua Komisi II DPR, dalam sebuah diskusi menjelaskan bahwa skenario-skenario yang sudah disiapkan oleh KPU akan dicoba semuanya. Opsi yang tersedia dipertimbangkan untuk diambil—dari yang optimistis Covid-19 selesai dalam waktu dekat sehingga Pilkada bisa dilaksanakan 9 Desember 2020 hingga opsi pesimistis dengan anggapan pandemi Covid-19 masih belum bisa berakhir dalam waktu dekat.

“Dengan situasi tidak pasti ini kita masih membuka semua opsi sambil melihat perkembangan,” kata Ahmad Doli Kurnia (16/4).

Hingga saat ini, peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perpu) masih dinanti. KPU berharap, perpu memuat ketentuan opsi tanggal pemungutan suara yang terbuka dan kewenangan menetapkan tanggal tersebut diberikan kepada KPU RI.

Load More Related Articles
Load More By Maharddhika
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Pemilu di Negara Lain Dilaksanakan Saat Kasus Covid-19 Terkendali

Presiden RI, melalui Juru Bicara Fadjroel Rachman, (21/9) menilai Pilkada di masa pandemi …