Februari 24, 2024
iden

Jadwal dan Tema Debat Pilpres 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan jadwal dan tema debat Pemilu Presiden-Wakil Presiden 2024. Sesuai Undang-Undang 7/2017 tentang Pemilihan Umum, debat akan berlangsung tiga kali untuk calon presiden dan dua kali untuk calon wakil presiden. Debat disiarkan oleh lembaga penyiaran frekuensi milik publik, televisi dan radio.

“Debat capres-cawapres akan dilakukan sebanyak lima kali debat. Tiga kali untuk calon presiden dan dua kali untuk calon wakil presiden,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU, August Mellaz dalam konferensi pers kesiapan debat Pemilu Presiden 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat (11/12).

Berikut jadwal dan tema debat Pemilu Presiden-Wakil Presiden 2024:

Pertama, debat untuk calon presiden pada Selasa, 12 Desember 2023. Disiarkan langsung oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Radio Republik Indonesia (RRI). Tema debat: pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, penanganan disinformasi, dan kerukunan warga.

Kedua, debat untuk calon wakil presiden pada Jumat, 22 desember 2023. Disiarkan langsung oleh: Trans Corp Group, Kompas TV, dan BTV. Tema debat: ekonomi, kerakyatan dan digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), infrastruktur serta perkotaan.

Ketiga, debat untuk calon presiden pada Minggu, 7 Januari 2024. Disiarkan langsung oleh: MNC Group. Tema debat: pertahanan keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Keempat, debat untuk calon wakil presiden. Minggu, 21 Januari 2024. Disiarkan langsung oleh: Surya Citra Televisi Indonesia (SCTV), Indosiar, dan Metro TV. Tema debat: pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Kelima, debat untuk calon wakil presiden pada Minggu, 4 Februari 2024. Disiarkan langsung oleh: TV One, ANTV, Net TV, dan Garuda TV. Tema: kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. []