Home Berita 44 Artis di DCS DPR RI, 13 di Nomor Urut Satu

44 Artis di DCS DPR RI, 13 di Nomor Urut Satu

Comments Off on 44 Artis di DCS DPR RI, 13 di Nomor Urut Satu
0
1,350

Delapan partai politik peserta pemilu mengusulkan artis sebagai calon anggota legislatif (caleg) untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Delapan partai tersebut adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai NasDem, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Sementara 8 partai politik lainnya tak mencalonkan artis untuk DPR RI.

Partai NasDem menjadi partai yang mengusung artis paling banyak dengan jumlah 16 artis. Selanjutnya PDIP dengan 8 artis, PAN 6 artis, Partai Gerindra dan PKB 4 artis, Perindo 3 artis, Partai Demokrat 2 artis, dan PSI 1 artis.

Meskipun Partai NasDem paling banyak mengusung artis, namun PAN memberikan nomor urut 1 kepada artis dengan persentase terbesar. Dari 6 artis yang dicalonkan, 5 ditempatkan di nomor urut 1. Secara berurutan, nomor urut 1 diberikan oleh Partai NasDem dan PDIP kepada 2 artis, lalu Partai Demokrat, PKB, PSI dan Perindo 1 artis. Partai Gerindra tak memberikan nomor urut 1 kepada artis mana pun yang ia calonkan.

Jika melihat lata belakang artis yang ditempatkan di nomor urut 1, mayoritas merupakan anggota DPR RI atau mantan pejabat eksekutif daerah. Sebagai contoh, Rieke Diah Pitaloka, Venna Melinda, Lucky Hakim, Rano Karno, Dede Yusuf, Desi Ratnasari, dan Dedy Miing Gumelar.

23 artis bertarung di Jawa Barat (Jabar). Di daerah pemilihan (dapil) Jabar I, Kirana Larasati dari PDIP akan berebut suara dengan Choki Sitohang dari Perindo dan Giring Ganesha dari PSI. Di dapil Jabar VI, Farhat Abbas dari PKB mengadu popularitas dengan Fauzi Baadila dari Partai Gerindra dan Lucky Hakim dari Partai NasDem.

Pertarungan ketat para artis juga terjadi di Jawa Timur (Jatim). Di dapil Jatim I, empat artis turun gunung, yakni Arzetti Bilbina dan Sundari Soekotjo dari PKB, Ahmad Dhani Prasetyo dari Partai Gerindra, dan Andre Hehanusa dari PDIP.

Artis-artis lainnya yang mencoba peruntungan pada Pemilihan Anggota DPR RI 2019 adalah sebagai berikut. Krisdayanti, Ian Kasela, Jeffry Waworuntu, Katon Bagaskara, Tina Talisa, Olla Ramlan, Syahrul Gunawan Della Puspita, Krisna Mukti, Nurul Qomar, Fairuz el Fouz, Cut Meiriska, Bertrand Antolin, Adly Fairuz, Nara Urbach, Cris Jhon, Elma Theana, Wanda Hamidah, Charly van Houtten, Reza Artamevia, Derry Drajat, Mulan Jameela, Primus Yustisio, Dwiki Dharmawan, Denada, Eko Patrio, dan Tommy Kurniawan.

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

MPI Minta Timsel Berkomitmen Penuhi Keterwakilan Perempuan di KPU dan Bawaslu

Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemili…