April 16, 2024
iden

Bawaslu RI Kembali Adakan Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu untuk 2019

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan kembali mengadakan program Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu untuk Pemilu Serentak 2019. Tujuannya yakni, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan memberikan pemahaman tentang pengawasan dan penegakkan hukum pemilu.

“Gerakan ini pernah dicanangkan oleh Bawaslu RI periode sebelum kami. Di periode ini, tetap kami lanjutkan,” tukas Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo, pada diskusi “Merajut Kembali Spirit Kebangsaan, Pembangunan Indonesia melalui Pemilu Berkualitas dan Berintegritas” di Menteng, Jakarta Pusat (18/7).

Ratna menambahkan, selain mengadakan Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu di 2019, Bawaslu RI juga akan membuat pojok pembahasan di setiap wilayah di seluruh Indonesia.  Masyarakat perlu memahami makna pengawasan, jenis-jenis pelanggaran pemilu, dan sengketa pemilu.

“Kita membuat program-program yang lebih kongkrit. Kita juga selalu mengundang unsur-unsur masyarakat dalam rapat-rapat dan kegiatan sosialisasi kami,” ujar Ratna.

Pengawasan terhadap pemilu, kata Ratna, sejatinya adalah tugas masyarakat. Masyarakat bertugas untuk memastikan input pemilu menghasilkan output, yakni petugas pemerintahan, yang berkualitas.