Home Berita Bawaslu Tegur KPU Agar Lebih Perhatikan APK Peserta Pemilu

Bawaslu Tegur KPU Agar Lebih Perhatikan APK Peserta Pemilu

Comments Off on Bawaslu Tegur KPU Agar Lebih Perhatikan APK Peserta Pemilu
0
2,219

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta, Muhammad Jufri, memberikan koreksi terhadap laporan evaluasi penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta. Ia mengatakan bahwa Bawaslu menerima banyak protes dari tim pasangan calon (paslon) yang merasa dirugikan dengan pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang ditempatkan di tempat yang sulit dijangkau publik.

“Banyak teman-teman paslon mempertanyakan APK yang dipasang oleh KPU. Ada beberapa yang menganggap itu gak bisa dijangkau masyarakat, tempatnya gak stratehis, ketutup pohon, dan sebagainya,”  kata Jufri di Hotel Aryaduta, Gambir, Jakarta Pusat (26/7).

Selain itu, Bawaslu juga menerima laporan dari tim paslon yang mempertanyakan penggantian APK yang rusak atau roboh karena angin atau hujan. Menurut Jufri, KPU bertanggungjawab untuk mengganti APK yang rusak, apabila kerusakan terjadi di masa yang ditentukan oleh Undang-Undang (UU).

“Mereka (paslon) merasa dirugikan. Kalau punya semuanya yang roboh, gak ada yang dirugikan, tapi ini kan hanya APK beberapa paslon yang roboh. Kami teman-teman pengawas pemilu selalu berdebat, karena merasa APK itu tidak diperhatikan,” tegas Jufri.

Jufri berpesan agar KPU memberikan perhatian pada APK yang dipasangnya dengan logo KPU. Tak boleh ada APK yang masih terpasang pada masa tenang.

“Kalau gak ada yang complaint, gak masalah. Tapi kalau ada yang bilang dirugikan, ini harus diperhatikan,” tutup Jufri.

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

MPI Minta Timsel Berkomitmen Penuhi Keterwakilan Perempuan di KPU dan Bawaslu

Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemili…