Home Berita Bawaslu Temukan 1 Juta Pemilih Ganda di DPT Pemilu 2019

Bawaslu Temukan 1 Juta Pemilih Ganda di DPT Pemilu 2019

0
0
1,645

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah menyerahkan hasil analisis pemilih ganda terhadap  Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di 285 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dengan total 91.001.344 pemilih. Hasilnya, ditemukan setidaknya  1.013.067 pemilih yang identitasnya dimasukkan lebih dari satu kali.

“Mencapai setidaknya 1.013.067 pemilih ganda. Hasil analisis tersebut diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini untuk dicermati dan dikoreksi,” sebagaimana siaran pers yang diterima oleh rumahpemilu.org (10/9).

Analisis kegandaan didasarkan atas Nomor Induk Kepegawaian (NIK), nama, dan tanggal lahir pemilih. Kegandaan ditemukan ketika seluruh data dalam lingkup kabupaten/kota digabungkan.

Bawaslu RI telah meminta Bawaslu kabupaten/kota untuk berkoordinasi dengan KPU kabupaten/kota dan partai politik untuk melakukan pencermatan dan koreksi bersama. Pencermatan juga akan dilakukan terhadap pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, pemilih memenuhi syarat yang belum masuk ke DPT, dan pemilih dengan kesalahan data kependudukan.

Analisis kegandaan pemilih di dalam DPT akan terus dilakukan Bawaslu hingga 16 September 2018. Hasil analisis di tingkat kabupaten/kota akan direkap di tingkat pusat.

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita

Check Also

DCT Pemilihan Anggota DPD, Ada 3 Mantan Napi Korupsi

Bersamaan dengan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rak…