Home Berita Hari Kelima Pendaftaran Caleg, Belum Ada Partai yang Mengajukan Daftar Calon

Hari Kelima Pendaftaran Caleg, Belum Ada Partai yang Mengajukan Daftar Calon

Comments Off on Hari Kelima Pendaftaran Caleg, Belum Ada Partai yang Mengajukan Daftar Calon
0
317

Sejak tanggal 4 Juli 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pengajuan daftar bakal calon (balon) anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan DPR Daerah (DPRD). Namun per tanggal 8 Juli 2018, belum ada satu pun partai politik yang mengajukan daftar calon.

“Memasuki hari kelima, belum satu pun partai politik peserta pemilu 2019 yang mengajukan daftar bakal calonnya,” kata Tim Hubungan Masyarakat (Humas) KPU melalui laporan yang diterima oleh rumahpemilu.org (9/7).

Sebagaimana laporan yang disampaikan, partai politik mengkonfirmasi akan melakukan pendaftaran paling cepat tanggal 11 April 2018. Adapun berdasarkan data  Sistem Informasi Pencalonan (Silon), baru sedikit data balon yang  diinput oleh partai politik.  Padahal, partai telah dapat mengisi Sipol sejak 4 Juni 2018.

“Partai politik telah dapat melakukan input data mulai 30 hari sebelum masa pengajuan bakal calon. Tepatnya sejak 4 Juni 2018, KPU telah membuka akses Silon kepada operator yang diberi mandat oleh partai,” tulis Tim Humas KPU.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah menginput 458 data balon di 79 dapil. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), 71 balon di 41 dapil. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), 405 balon di 150 dapil. Partai Golongan Karya (Golkar), 4 balon di 7 dapil. Partai NasDem, 205 balon di 76 dapil. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), 1 balon di 1 dapil. Partai Beringin Karya (Berkarya), 119 balon di 45 dapil. Partai Keadilan Sejahtera (PKS), 110 balon di 42 dapil. Partai Persatuan Indonesia (Perindo), 152 balon di 49 dapil. Partai Persatuan Pembangunan (PPP), 13 balon di 10 dapil. Partai Solidaritas Indonesia (PSI), 255 balon di 72 dapil. Partai Amanat Nasional (PAN), 96 balon di 55 dapil. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), 96 balon di 47 dapil. Partai Demokrat, 1 balon di 1 dapil. Partai Bulan Bintang (PBB), 42 balon di 34 dapil. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), 13 balon di 9 dapil.

KPU berharap partai politik mempercepat input data di Silon dan segera mengajukan daftar balon ke kantor KPU. Diharapkan agar partai tidak mendaftar di hari-hari terakhir pengajuan.

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

DCT Pemilihan Anggota DPD, Ada 3 Mantan Napi Korupsi

Bersamaan dengan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rak…