Home Liputan Khusus Ini 28 Daerah Yang Berpotensi Calon Tunggal di Pilkada 2020

Ini 28 Daerah Yang Berpotensi Calon Tunggal di Pilkada 2020

Comments Off on Ini 28 Daerah Yang Berpotensi Calon Tunggal di Pilkada 2020
0
725

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Tim riset Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) dan verifikasi terhadap data yang terpublikasi di infopemilu2.kpu.go.id, terdapat 26 daerah yang berpotensi calon tunggal. 26 daerah tersebut yakni sebagai berikut.

  1. Pilkada Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara

Bakal pasangan calon (bapaslon) Lakhomizaro Zebua-Sowa’a Laoli memborong dukungan dari 8 partai politik, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan dan Keadilan Indonesia (PKPI), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Lakhomizaro-Sowa’a merupakan petahana wali kota dan wakil wali kota Gunungsitoli.

 

  1. Pilkada Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara

Bapaslon Asner Silalahi-Susanti Dewayani juga memborong dukungan dari 8 partai. PDIP, Gerindra, Golkar, NasDem, PAN,  Hanura, Demokrat, dan PKPI mendukung bapaslon ini.

Asner adalah mantan aparatur sipil negara (ASN) di Departemen Pekerjaan Umum yang mengajukan pensiun dini untuk maju sebagai calon wali kota Pematangsiantar. Sementara Susanti adalah dokter spesialis anak di Pemerintah Kota Pematangsiantar.

 

  1. Pilkada Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut)

8 partai mendukung bapaslon Darma Wijaya-Adlin Umar Yusri Tambunan. 8 partai itu yakni, Gerindra, Golkar, PDIP, Hanura, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PAN, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Demokrat.

Darma Wiyaya merupakan petahana wakil bupati Serdang Bedagai, dan Adlin Umar adalah ketua Gerakan Pemuda Ansor Sumut dan mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan dari Fraksi Partai Golkar. Adlin juga merupakan anak dari Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan.

 

  1. Pilkada Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel)

Bapaslon Kuryana Azis-Johan Anuar memborong dukungan 11 partai. Kuryana-Johan adalah petahana bupati dan wakil bupati OKU. Johan Anuar adalah tersangka dugaan korupsi tanah kuburan yang kasusnya saat ini tengah ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

11 partai yang mendukung bapaslon Kuryana-Johan yaitu PKB, Gerindra, PDIP, Golkar,  NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PPP, Hanura, Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), dan PKPI.

 

  1. Pilkada OKU Selatan, Sumsel

12 partai mendukung bapaslon Popo Ali Martopo-Sholehien Abuasir, yakni PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura, Demokrat, dan PBB. Popo-Sholehien merupakan petahana bupati dan wakil bupati OKU Selatan.

 

  1. Pilkada Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu

Bapaslon petahana Mian-Arie Septia Adinata banjir dukungan. 10 partai memberikan dukungan, yaitu PKB, Partai Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai NasDem, PKS, PPP, PAN, Partai Hanura, dan PKPI.

 

  1. Pilkada Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Tak seperti di daerah calon tunggal lainnya, bapaslon Mohammad Said Hidayat-Wahyu Irawan hanya didukung oleh PDIP. Mohammad Said adalah petahana wakil bupati Boyolali. Pasangannya, Wahyu Irawan, adalah Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum Boyolali.

 

  1. Pilkada Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

Bapaslon Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto didukung oleh 9 partai, yaitu PDIP, PKB, Partai Gerindra, PPP, Partai Hanura, Partai Golkar, PKS, Partai Demokrat, dan PAN. Sri adalah petahana bupati Grobogan, sementara Bambang menjabat sebagai Direktur RSUD R Soedjati Soemodiharjo Purwodadi.

 

  1. Pilkada Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

9 partai: PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, PKS, PPP, PAN, dan Demokrat mendukung bapaslon Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih.

Arif merupakan petahana wakil bupati Kebumen. Ristawati merupakan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan DPD PDIP Kebumen yang menggeluti profesi sebagai pengusaha. Ia pemilik Rumah Sakit Umum (RSU) Purwogondo dan terpilih sebagai Ketua Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI) Kebumen. Ristawati adalah istri dari mantan Ketua DPRD Kebumen, Cipto Waluyo.

 

  1. Pilkada Kota Semarang, Jawa Tengah

Bapaslon Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu didukung oleh 9 partai: PDIP, Gerindra, Demokrat, PKB, PAN, NasDem, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Golkar, dan PKS. Keduanya adalah petahana bupati dan wakil bupati Kota Semarang.

 

  1. Pilkada Kabupaten Sragen, Jawa Tengah

Petahana bupati, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, berpasangan dengan anggota DPRD Kabupaten Sragen dari Fraksi PKB, Suroto. Bapaslon ini didukung oleh 5 partai: PDIP, PKB, Golkar, PAN, dan NasDem.

 

  1. Pilkada Kabupaten Kediri, Jawa Timur

9 partai: PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, PKS, PPP, PAN, dan Demokrat mengusung bapaslon Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa. Hanindhito adalah putra dari Sekretaris Kabinet Pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amien, Pramono Anung. Calon wakilnya, Dewi, merupakan Ketua Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Kediri.

 

  1. Pilkada Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Bapaslon Ony Anwar Harsono-Dwi Rianto Jatmiko didukung oleh 10 partai, yaitu PDIP, Golkar, PKB, Gerindra, PKS, PAN, NasDem, Demokrat, Hanura, dan PPP. Ony merupakan petahana wakil bupati Ngawi, dan Dwi adalah Ketua DPRD Kabupaten Ngawi.

 

  1. Pilkada Kabupaten Badung, Bali

3 partai, yakni PDIP, Golkar dan Demokrat mendukung bapaslon petahana, I Nyoman Giri Prasta- I Ketut Suiasa.

 

  1. Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Bapaslon petahana W. Musyafirin-Fud Syaifuddin diusung oleh 9 partai, yakni PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, PKS, PPP, PAN, dan PKPI.

 

  1. Pilkada Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim)

8 partai, yaitu Golkar, PDIP, PKS, Gerindra, Demokrat, PKB, Perindo, dan PPP mengusung bapaslon Rahmad Mas’ud-Thohari Aziz. Rahmad merupakan petahana wakil wali kota, dan Thohari adalah Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan.

 

  1. Pilkada Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim

9 partai mendukung bapaslon petahana bupati, Edi Damansyah-Rendi Solihin. Mendampingi Edi, Rendi berlatar belakang sebagai anggota DPRD Kutai Kartanegara.

9 partai yang mengusung bapaslon ini yaitu Golkar, PDIP, Gerindra, PAN, PKS, NasDem, PPP, Perindo, dan Hanura.

 

  1. Pilkada Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Bapaslon petahana, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf  Magalanni juga didukung oleh 9 partai, yakni PKB, PDIP, Golkar, NasDem, PKS, Perindo, PPP, PAN, dan Demokrat.

 

  1. Pilkada Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan

Diusung oleh 7 partai, petahana bupati Soppeng A.Kaswadi Razak, maju bersama Lutfi Halide. Lutfi adalah kader Partai NasDem yang pernah berkontestasi di Pilkada Kabupaten Soppeng 2015, namun kalah oleh paslon Kaswadi-Supriansa. Lutfi merupakan besan dari Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, yang kemudian diangkat sebagai staf khusus Menteri Pertanian.

7 partai pengusung Kaswadi-Lutfi: PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, PPP, dan Demokrat.

 

  1. Pilkada Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat

6 partai mendukung petahana bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, yang berpasangan dengan seorang ASN Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Orideko I. Burdam.

6 partai pendukung Abdul-Oridkeo yaitu Gerindra, Golkar, NasDem, PKS, PAN, dan Demokrat.

 

  1. Pilkada Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

Petahana bupati Bintan, Apri Sujadi, berpasangan dengan Roby Kurniawan, Ketua Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Kepulauan Riau. Bapaslon ini didukung oleh 6 partai, yaitu PDIP, Golkar, PKS, PAN, Hanura, dan Demokrat.

 

  1. Pilkada Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat

Petahana bupati dan wakil bupati Pegunungan Arfak, Yosias Saroy-Marinus Mandacan kembali maju di Pilkada 2020. Yosias0Marinus diusung oleh 11 partai, dua diantaranya  Perindo dan NasDem.

 

  1. Pilkada Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat

6 partai: Golkar, PDIP, NasDem, Perindo, Hanura, dan PKPI mencalonkan petahana bupati dan wakil bupati Manokwari Selatan, Markus Waran-Wempie Welly Rengkung di Pilkada Manokwari Selatan.

 

  1. Pilkada Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Bapaslon Afif Nurhidayat-Muhammad Albar diusung oleh 6 partai, yakni PKB, Golkar, Demokrat, NasDem, PAN, dan Hanura. Afif dan Albar merupakan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Wonosobo periode 2019-2024.

 

  1. Pilkada Mamuju Tengah, Sulawesi Barat

Petahana bupati Mamuju Tengah, M. Aras, diusung kembali bersama wakil bupatinya, Muh Amin Jasa oleh 9 partai, yakni Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, PKS, Perindo, PAN, Hanura, dan Demokrat.

 

  1. Pilkada Kota Sungai Penuh, Jambi

10 partai mengusung bapaslon Fikar Azami-Yos Adrino. Fikar berpengalaman sebagai Ketua DPRD Kota Sungai Penuh periode 2014-2019. Sementara Yos adalah Pengurus DPW PAN Provinsi Jambi.

10 partai pengusung bapaslon Fikar-Yos yakni Demokrat, PAN, Hanura, Gerindra, NasDem, PKB, Golkar, PKS, Berkarya, dan PPP.

 

27. Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara

Bapaslon Dosmar Banjarnahor-Paniaran Oloan Nababan diusung oleh 6 partai, yakni PDIPm Golkar, Hanura, Nasdem, Gerindra dan Demokrat. Dosmar adalah petahana bupati Humbang Hasundutan, sementara Paniaran Oloan merupakan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

 

28. Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat

Bapaslon Benny Utama-Sabar AS didukung oleh 8 partai: Golkar, Demokrat, PKS, PAN, PPP, PKB, NasDem, dan PDIP. Benny dan Sabar adalah Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat.

“Untuk daerah yang terdapat satu bakal pasangan calon, KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota akan membuka pendaftaran kembali setelah melakukan proses penundaan dan sosialisasi,” kata Ketua KPU RI, Arief Budiman, sebagaimana tertulis dalam siaran pers yang diterima rumahpemilu.org (7/9).

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Liputan Khusus
Comments are closed.

Check Also

Beda Usulan Soal Ambang Batas Parlemen

Ambang batas parlemen menjadi salah satu sorotan dalam revisi Undang-Undang (UU) Pemilu. B…