Home Berita Ini Daerah dengan Proporsi Perempuan Calon Kepala Daerah Paling Tinggi

Ini Daerah dengan Proporsi Perempuan Calon Kepala Daerah Paling Tinggi

Comments Off on Ini Daerah dengan Proporsi Perempuan Calon Kepala Daerah Paling Tinggi
0
1,052

Dari 101 daerah yang menyelenggarakan pilkada serentak, sebanyak 46 perempuan akan bertarung di 37 wilayah yang tersebar di 25 kabupaten, 8 kota, dan 4 provinsi.

Berdasarkan data pada Sistem Tahapan Pilkada KPU per Senin (3/10) yang diolah Rumah Pemilu, jika dibagi berdasarkan gugus pulau; gugus pulau Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Maluku jadi gugus pulau dengan proporsi perempuan tertinggi.

Di gugus pulau Kalimantan, ada 6 perempuan dari 19 orang terdaftar (31,58 persen). Di gugus pulau Jawa, ada 11 perempuan dari 42 orang terdaftar (26,19 persen). Di gugus pulau Sulawesi, ada 6 perempuan dari 40 orang terdaftar. Di gugus pulau Maluku, ada 3 perempuan dari total 20 orang terdaftar.

Sementara gugus pulau lain—Papua; Sumatera; serta gugus pulau Bali dan Nusa Tenggara angka proporsi perempuannya berturut-turut adalah 12,24 persen, 8,97 persen, dan 6,67 persen.

Angka tersebut menunjukkan, meskipun proporsi keikutsertaan perempuan rendah, profil demografis para perempuan calon tersebut tak bisa dipandang remeh. Perempuan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah bertarung di semua region, mulai dari Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Hingga Papua. [Dhika]

Load More Related Articles
Load More By Maharddhika
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

DPR Didorong Gunakan Mekanisme Pemilihan Anggota KPU-Bawaslu yang Ramah Perempuan

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) didorong untuk menggunakan mekanisme pemilihan ang…