KPU Bandung Bangun “Bale Pinter Pemilu”

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung membangun Bale Pinter Pemilu. Bale Pinter Pemilu ini selain menyediakan fasilitas edukasi bagi ragam segmentasi: gender, marginal, keagamaan, disabilitas, pemula, dan pra pemula.

“Kantor KPU Kabupaten Bandung sudah mendahului KPU Provinsi Jawa Barat dengan mulai mengakomodir aksesibilitas bagi para pemilih penyandang disabilitas,” kata Bupati Bandung, Dadang M. Naser, usai meresmikan Bale Pintar Pemilu di Jalan Sindang Wargi, Kecamatan Soreang, Rabu (19/4).

Bale Pintar Pemilu merupakan sebuah konsep pendidikan bagi pemilih yang dilakukan melalui penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi, ruang diskusi, dan media lainnya. Secara lebih luas konsep rumah pintar pemilu dapat difungsikan sebagai museum khusus pemilu.

Menurut Ketua KPU Bandung, Agus Hasbi Noor, Bale Pintar Pemilu merupakan program nasional yang anggarannya berasal dari pusat. KPU RI dan Provinsi memberikan keleluasaan untuk mengisi materi kekhasan daerah masing-masing. Ketua KPU Bandung berharap, Bale Pinter menjadi peningkat partisipasi masyarakat di Pemilu yang akan datang.

Bale Pinter Pemilu bukan sekedar menampilkan informasi saja. Baik itu berbentuk display, digital atau yang lainnya. Tapi harapan kami, nanti dapat digunakan untuk tempat pertemuan dan mendiskusikan hal-hal untuk kemajuan demokrasi di Kabupaten Bandung,” kata Agus. []