Home Kliping Sekitar 90 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal

Sekitar 90 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal

Comments Off on Sekitar 90 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal
0
111

JAKARTA, KOMPAS— Komisi Pemilihan Umum mencatat, hingga Senin (22/4/2019) sebanyak 90 petugas penyelenggara pemilu meninggal dan 374 petugas lainnya sakit atau dirawat. Sebagian besar dari petugas yang meninggal atau sakit tersebut karena kelelahan saat bertugas.

Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan, petugas yang sakit atau meninggal itu berasal dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). ”Petugas yang meninggal ada di 19 provinsi,” katanya, kemarin, di Jakarta.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu juga mencatat, hingga hari Minggu lalu sebanyak 14 Pengawas Pemilu meninggal, 222 orang sakit, 74 orang kecelakaan, dan 15 orang dianiaya.

Pada Selasa hari ini, lanjut Arief, KPU akan bertemu Kementerian Keuangan untuk membahas uang santunan bagi penyelenggara pemilu. Besar uang santunan yang diusulkan KPU adalah Rp 30 juta-Rp 36 juta untuk petugas yang meninggal, Rp 30 juta untuk petugas yang menderita cacat, dan maksimal Rp 16 juta untuk petugas yang sakit atau cedera. Besar santunan ini sesuai dengan santunan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Layanan kesehatan

Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur, memeriksa kesehatan petugas PPK dan tim pengamanan yang bertugas pada Pemilu 2019. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan mereka hingga mampu menjalankan tugasnya secara optimal.

Kepala Polresta Sidoarjo Komisaris Besar Zain Dwi Nugroho mengatakan, panjangnya masa tugas dan tingginya mobilitas membuat sejumlah penyelenggara pemilu dan aparat keamanan kelelahan. Aparat keamanan, misalnya, melakukan tugas pengawalan sejak logistik pemilu didistribusikan sampai ke TPS, hingga saat hasil pemilu dibawa dari TPS untuk dilakukan rekapitulasi.

Selain pemeriksaan kesehatan, upaya mengantisipasi kelelahan juga dilakukan dengan menerapkan pengaturan sistem kerja. Khusus aparat keamanan, pergantian personel dilakukan setiap 8-12 jam disesuaikan dengan kondisi wilayah tugas dan aparat yang bertugas. (MTK/NIK)

Dikliping dari artikel yang terbit di harian Kompas edisi 23 April 2019 di halaman 2 dengan judul “Sekitar 90 Petugas Meninggal”. https://kompas.id/baca/polhuk/2019/04/23/sekitar-90-petugas-meninggal/

Load More Related Articles
Load More By rumahpemiluadmin
Load More In Kliping
Comments are closed.

Check Also

Menata Kembali Dana Kampanye Parpol

Dana kampanye partai politik menjadi salah satu indikator kekuatan sumber daya ekonomi par…