Home Liputan Khusus Sepi Kandidat Sepi Pemilih

Sepi Kandidat Sepi Pemilih

Comments Off on Sepi Kandidat Sepi Pemilih
0
972

Partisipasi memilih merosot drastis di Pilkada yang hanya diikuti satu pasang calon.

TASIKMALAYA – Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 Desa Mangunreja, Kecamatan Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya masih saja lengang. Padahal kurang dari dua jam lagi, proses pemungutan suara pilkada yang hanya diikuti satu pasang calon ini akan ditutup.

Ela Nurlaelasari, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 3, masih setia menunggu di meja registrasi. “Biasanya jam segini sudah banyak yang menggunakan hak pilihnya. Kali ini sepi,” katanya (9/12).

Kondisi ini tentu berbeda denga pemilu-pemilu sebelumnya. Pilkada 2011 di Kabupaten Tasikmalaya riuh oleh delapan pasang calon yang berlaga beserta para pendukungnya. Sementara Pilkada kali ini hanya diikuti oleh satu pasangan calon petahana, Uu Ruzhanul Ulum dan Ade Sugianto.

Hingga TPS ditutup di Rabu (9/12) siang itu, hanya ada 188 orang dari 309 terdaftar yang menggunakan hak pilihnya. Angka partisipasi di TPS ini tak jauh berbeda dari rekapitulasi keseluruhan di Kabupaten Tasikmalaya.

Partisipasi Pilkada Kabupaten Tasikmalaya hanya menyentuh angka 60,19 persen. Dari catatan Rumah Pemilu, angka ini merosot drastis hingga 28,7 persen dari partisipasi Pilpres 2014 lalu yang mencapai angka 88,89 persen.

Deden Nurul Hidayat, Ketua Kabupaten Tasikmalaya, menerka ada dua faktor turunnya partisipasi ini. Faktor pertama adalah pemilih berada di luar kota. Faktor kedua adalah adanya halangan yang membuat pemilih tidak bisa hadir di TPS.

“Berdasarkan fakta di lapangan, ketika di-cross check ke TPS, saya tanya kenapa orang tidak hadir, rata-rata menjawab orang sedang merantau, tidak pulang. Kedua, bisa jadi ketidakhadiran itu karena sebab lain, ada juga orang sakit, atau halangan lain, dan seterusnya,” kata Deden saat ditemui di kantornya Rabu (9/12) malam.

KPU mengaku telah berupaya maksimal dalam melakukan sosialisasi pilkada ini. Sosialisasi dilakukan dengan mendekati segmen-segmen pemilih. “Target kita 70 persen partisipasi ini bisa kita capai di seluruh Kabupaten Tasikmalaya,” kata Zamzam Zamaludin, anggota KPU, di pagi saat proses pemungutan suara mulai berjalan.

Nyatanya, KPU tak berhasil mencapai target tersebut. []

MAHARDDHIKA

Load More Related Articles
Load More By Maharddhika
Load More In Liputan Khusus
Comments are closed.

Check Also

DPR Didorong Gunakan Mekanisme Pemilihan Anggota KPU-Bawaslu yang Ramah Perempuan

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) didorong untuk menggunakan mekanisme pemilihan ang…