Juni 23, 2024
iden

Verifikasi Faktual 12 Partai: 6 Partai Hari Minggu, 6 Partai Hari Senin

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman, mengumumkan jadwal verifikasi faktual terhadap 12 partai politik lama. Jadwal untuk verifikasi di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) partai yakni, 28 dan 29 Januari. Satu hari untuk 6 partai.

KPU menyiapkan empat sesi. Sesi pertama, pukul 10 pagi sampai 11 siang. Sesi kedua, pukul 12 sampai 1 siang. Sesi ketiga, pukul 2 siang sampai 3 sore. Sesi keempat, pukul 4 sampai 5 sore.

“Jadwal tersebut belum pasti, karena ada yang minta ganti. Ada yang semula dijadwalkan jam 10, minta jam 12. Ada yang dijadwalkan jam 12, minta jam 4 sore. Nah, ini sedang kami tata,” kata Arief di Royal Kuningan Hotel, Guntur, Jakarta Selatan (25/1).

Jadwal verifikasi faktual masih dapat berubah hingga Jumat, 26 Januari. Sabtu, 27 Januari, KPU akan mengatur tim verifikator.

“Hari sabtu kami putuskan, jadwal itu tidak boleh berubah. Karena ini kan mengatur banyak hal, termasuk KPU perlu mengatur timnya untuk pergi ke mana saja. KPU hanya punya tim paling banyak tiga. Jadi, satu sesi maksimal tiga partai. Gak bisa semuanya minta jam 10,” jelas Arief.

Verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota, yakni di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai, akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada tanggal 30 Januari hingga 1 Februari.