Home Berita CEPP UI Usulkan Tiga Hal untuk RUU Pemilu

CEPP UI Usulkan Tiga Hal untuk RUU Pemilu

Comments Off on CEPP UI Usulkan Tiga Hal untuk RUU Pemilu
0
2,117

Center for Election and Political Party (CEPP) Universitas Indonesia, mengusulkan tiga hal kepada Panitia khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu. Pertama, soal sistem pemilu, CEPP mengusulkan sistem proporsional tertutup dengan syarat adanya kewajiban bagi partai politik untuk bersikap demokratis dalam pemilihan pendahuluan. Sistem proporsional tertutup juga dinilai mempermudah perjuangan perempuan calon legislatif (caleg) untuk masuk ke parlemen.

“Saya maunya tertutup kalau tujuannya adalah memperkuat partai, tapi masalahnya partai bisa tidak berdemokratis dalam mencalonkan kadernya? Siapa yang ditaruh di nomor urut satu? Kenapa harus dia? Berapa miliar bayarnya?” kata Chusnul Mar’iyah, Presiden Direktur CEPP, pada rapat dengar pendapat di Senayan, Jakarta Selatan (1/2),

Kedua, soal besaran daerah pemilihan (dapil), CEPP mengusulkan 3-10 kursi per dapil. Alasannya, sistem proporsional menghendaki dapil yang besar agar keadilan dan proporsionalitas perwakilan tetap terjaga.

“Kalau sistem distrik, baru kecil jumlah kursinya. Ini kan amanat UU masih sistem proporsional,” tukas Chusnul.

Terakhir, CEPP mengusulkan ambang batas parlemen untuk tidak dinaikkan. Angka 3,5 persen sudah ideal sebagai ambang batas parlemen di Indonesia.

Load More Related Articles
Load More By AMALIA SALABI
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Menimbang Kesetaraan Aturan Mundur Sebagai Aleg di Pilkada

Empat orang politisi Partai Demokrat, yakni Anwar Hafid, anggota DPR periode 2019-2024, Ar…